Kementerian Perhubungan: Tiga kapal feri di Gorontalo siap melayani lalu lintas mudik

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Perhubungan (Common Hub) mengumumkan tiga Kapal Penyeberangan Motor (KMP) siap beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo untuk mengangkut dan melayani penumpang selama mudik Lebaran 1445 Hijriah.

Dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, Kepala Bagian Hukum dan Humas Perhubungan Darat Ditjen Perhubungan Darat Aznal mengatakan, pemeriksaan kelaikan laut ketiga kapal tersebut dilakukan oleh Pengelola Angkutan Darat Kelas II Gorontalo. Balai Besar (BPTD) untuk menjamin keselamatan penumpang dan mencegah kecelakaan laut selama penyelenggaraan arus mudik lebaran.

“Tinggal beberapa hari lagi memasuki bulan suci Ramadhan, sehingga pemudik bisa tenang saat pulang kampung menyambut Idul Fitri 1445 H,” ujar Pusat Pengelolaan Angkutan Darat Kelas 2 Gorontalo, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Aznal : Transportasi melakukan pemeriksaan keselamatan kapal penyeberangan motor di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo pada Rabu (3/6) dan Pelabuhan Penyeberangan Marisa hari ini.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelola Angkutan Darat Kelas 2 Gorontalo Dodonias menyatakan, pihaknya menyiapkan dua kapal yang akan beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo, yakni Ferry Moinit Motor Ferry (KMP) dan KMP Tuna Tomini.

Selain itu, ada juga kapal yang siap di Pelabuhan Feri Marisa yaitu KMP Cengkih Afo.

Ketiganya telah dilakukan Memeriksa jalan Atau pemeriksaan kesesuaian, dalam pemeriksaan tersebut dinyatakan lolos uji kelayakan dan siap dioperasikan pada musim angkutan lebaran.

“Kami memiliki kapal untuk mengantisipasi peningkatan penumpang saat libur lebaran Memeriksa jalan “Dan hasilnya memenuhi standar dan dapat digunakan oleh masyarakat,” kata de Mingus.

Dijelaskannya, pemeriksaan kapal tersebut meliputi pengecekan keselamatan penumpang, baik dari tempat tidur penumpang. Jaket pelampung, pelampungperlengkapan P3K dan perlengkapan penunjang keselamatan penumpang lainnya.

“Pemeriksaan keselamatan atau Memeriksa jalan Dijelaskannya, pekerjaan ini sangat penting dilakukan dan tujuannya untuk mengecek kemampuan laut dalam pengangkutan pada Idul Fitri 2024 agar tercipta keselamatan.

Ia mengumumkan kapasitas penumpang KMP Moinit sebanyak 196 penumpang yang meliputi kendaraan roda dua dan roda empat, sedangkan KMP Tuna Tomini dan KMP Cengkeh Afo masing-masing mengangkut 220 penumpang dan kendaraan. Hal itu berdasarkan Surat Keterangan Keselamatan Kapal Penumpang (SKKP).

Di akhir, Dudonias menyampaikan, semoga angkutan lebaran tahun ini terlaksana tanpa kendala dan aman, sehingga pelayanan kepada pengguna jasa dapat maksimal.

Rapat Koordinasi Kementerian Perhubungan dan Rekan Darat Bakal Digelar untuk Menangani Arus Mudik Lebaran
Kemenhub siapkan 722 bus mudik gratis Lebaran 2024.
DJKA Sebut 964 KA Diperiksa Kebugaran Jasmaninya Jelang Mudik Lebaran

Koresponden: Mohammad Harianto
Redaktur: Biqwanto Situmorang
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *