jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pengelola bandara dan maskapai terkait peninjauan ramp ini untuk memastikan kelancaran operasional dan meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan penerbangan selama libur Nataru.

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Perhubungan (Common Hub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara ingin memastikan aspek keselamatan penerbangan terpenuhi melalui kegiatan. Memeriksa jalan atau inspeksi pesawat di 38 bandara.

Plt. “Ramp check merupakan proses penting untuk memastikan keselamatan transportasi udara, mengingat jumlah penerbangan meningkat lebih banyak dari biasanya menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata Maria Cristi Ande Moreni, Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

“Inspeksi pesawat untuk memastikan kepatuhan terhadap standar dan peraturan yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dilakukan secara berkala oleh tim inspektur dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).” kata Christie di Jakarta, Jumat.

Christie mengatakan Administrasi Penerbangan Sipil akan melakukan pemeriksaan terhadap pesawat yang saat ini terdaftar dan memiliki sertifikat untuk terbang, atau yang disebut air operator’s certificate (AOC).

Per November 2022, pesawat yang dapat diservis adalah 367 pesawat di AOC 121 dan 223 pesawat di AOC 135.

Ia mengatakan, pesawat ini siap menjawab kebutuhan masyarakat selama liburan Nataru.

AOC 121 adalah sertifikat yang diberikan kepada pesawat dengan kapasitas lebih dari 30 kursi.

Sedangkan AOC 135 adalah sertifikat yang diberikan kepada pesawat berkapasitas kurang dari 30 kursi.

Selama libur Natal dan Tahun Baru, kata Christie, pihaknya akan melakukan ramp check terjadwal di 38 bandara di Indonesia mulai 21 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 yang dilakukan oleh tim dari DKPPU dan Otoritas Bandara. menjadi OBU) zona I sampai dengan X.

Menurut data yang ada, jumlah penumpang pesawat pada libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan mencapai 3,62 juta penumpang, naik 52,7 persen dibanding tahun lalu.

Kenaikan jumlah penumpang tersebut karena tidak adanya pembatasan pergerakan saat Natal dan Tahun Baru saat ini.

“Kami juga akan terus berkoordinasi dengan operator bandara dan maskapai terkait peninjauan ramp untuk memastikan kelancaran operasional dan meningkatkan penerapan aspek keselamatan penerbangan selama libur Nataru mendatang,” ujarnya.

Bandara Bali Lakukan ‘Ramp Review’ GSE Jelang KTT G20

Menhub Tinjau Kajian Kelaikan Udara di Soekarno-Hatta

Dengan mengutamakan keselamatan, Kementerian Perhubungan terus melakukan uji kemampuan terbang pesawat

Koresponden : Adimas Raditiya Fahki P
Editor: Ahmad Bochuri