jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Luar Negeri mencatat 166 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri saat ini terancam hukuman mati.

“Kasus yang tercatat di Malaysia sebagian besar terkait dengan peredaran narkoba, kemudian kasus lainnya menyebar ke negara lain seperti Timur Tengah, khususnya pembunuhan,” kata Juda Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri. Selasa di Jakarta

Berdasarkan jenis kelamin, 133 laki-laki dan 33 perempuan merupakan warga negara Indonesia yang terancam hukuman mati.

Sementara berdasarkan kasus, 58 WNI terancam hukuman mati karena keterlibatannya dalam kasus pembunuhan dan 108 orang dalam kasus peredaran narkoba.

“Dalam berbagai upaya penanganannya, karena ini yang kami klasifikasikan sebagai kasus dengan spesifikasi tinggi“Kami ingin memastikan pemerintah hadir sejak awal kasus ini,” kata Jodha.

Ia meyakinkan pemerintah akan memberikan bantuan hukum melalui perwakilan Indonesia di luar negeri, menyediakan pengacara dan juru bahasa bagi WNI.

Upaya untuk memperoleh akses konsuler bagi WNI untuk menegakkan hak-haknya selama menjalani proses hukum terus dilakukan.

“Peran pemerintah (Indonesia) di sini bukan untuk memberikan impunitas, jadi kami tidak akan ikut campur dalam kasus ini di pengadilan karena ini adalah yurisdiksi lokal dan supremasi hukum,” kata Joda.

Selain bantuan hukum, pemerintah juga melakukan upaya diplomasi, khususnya dalam kasus-kasus yang diputuskan mempunyai kekuatan hukum tetap.menggores) termasuk dengan mengirimkan surat permintaan pengampunan kepada Duta Besar RI atau Presiden RI.

Kementerian Luar Negeri pun berupaya melakukan hal tersebut Pertunangan keluarga Dan kesatuan keluarga Untuk mempertemukan kembali keluarga WNI dengan WNI di penjara.

“Penting untuk memberi mereka kesempatan melepaskan nafsu satu sama lain agar mereka merasa lebih nyaman karena bisa berhubungan langsung dengan keluarga,” kata Jodha.

Kementerian Luar Negeri mengupayakan pembebasan 77 WNI dari hukuman mati di Malaysia

Dengan Fasilitasi KBRI dan KJRI, Empat WNI Terselamatkan dari Hukuman Mati di Malaysia.
Kemlu Jelaskan Upaya Pemerintah Melindungi WNI dari Hukuman Mati

Koresponden : Yashinta Difa Pramodian
Redaksi : M Razi Rahman
Hak Cipta © JurnalPagi 2024