Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menetapkan batasan industri untuk batas kecepatan internet

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) semakin intensif mencari informasi dari pelaku industri telekomunikasi terkait keputusan penerapan batas kecepatan internet.

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Vian Toni Soprianto mengatakan, “Langkah ini diperlukan untuk melengkapi perbedaan pandangan terhadap kajian penetapan batas kecepatan Internet.”

Saat ini kami menerima masukan mengenai usulan kebijakan yang akan menetapkan standar layanan Internet minimum yang diharapkan minimal 100 Mbps. bandwidth tetap,kata Vian di Jakarta, Rabu.

Untuk lebih jelasnya, masukan-masukan tersebut nantinya akan dipertimbangkan dalam kajian yang disiapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Internet Cepat Kunci Transformasi Digital

Dia berkata: Studi ini akan disiapkan dan dirancang secara ilmiah sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat agar efektif.

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya peraturan ini, masyarakat dapat mengakses layanan dengan tarif terjangkau, namun di samping itu, layanan penyedia telekomunikasi tetap memberikan kecepatan internet yang optimal.

“Kita tidak ada ruginya. Kita lihat supaya tidak merugikan masyarakat atau operator. Yang penting melihat jelas bagaimana hasil kajiannya,” kata Vian.

Vian pun menegaskan, kajian ini tentu perlu dikembangkan agar aturan tersebut tidak diterapkan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi berharap penyedia jasa telekomunikasi mampu meningkatkan kecepatan internet di Indonesia.

Salah satu usulannya ia sampaikan saat berkunjung ke Spectrum Monitoring Center (SFR) di Palembang, Senin (22/1).

Ia berencana mengambil kebijakan untuk semua penyedia Internet fixed broadband untuk jaringan tertutup yang tidak diperbolehkan menjual layanan Internet di bawah 100 Mbps.

“Internet itu kebutuhan pokok, kenapa masih jual 5 Mbps, 10 Mbps untuk fixed broadband? Mengapa tidak langsung menjual 100 Mbps saja? “Makanya saya akan mengambil kebijakan yang mewajibkan mereka menjual internet fixed broadband 100 Mbps,” kata Bodhi.

Adopsi teknologi FWA bisa jadi solusi peningkatan kecepatan internet

Kominfo Catat Kecepatan Internet yang Dibutuhkan untuk Transformasi Ekonomi

Kementerian Kominfo berupaya tingkatkan koneksi Internet nasional

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *