jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan pers mempunyai peran penting dalam menjamin terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilo) 2024 secara damai dan menjaga transisi kepemimpinan nasional.

“Pers harus bisa berperan mengawasi pemilu agar pemilu berjalan damai. Pemilu bisa mengawali peralihan kepemimpinan. Kalau pemilu damai, berarti bangsa ini utuh,” sesuai peringatan Hari Pers Nasional. tema.” Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, saat dihubungi JurnalPagi, Jumat.

Othman menegaskan, pers mempunyai tanggung jawab untuk memastikan pemilu diselenggarakan secara damai dan adanya transisi kepemimpinan yang sah.

Tiga Pasangan Tunangan Siap Tampil di Deklarasi Independensi Pers, Ini Alasannya

Sambut HPN, Pengawas Ingatkan Media Jaga Hak Masyarakat Dapatkan Berita Nyata

Ia menekankan pentingnya peran pers yang tetap independen dan kritis. Dalam konteks pemilu, pers juga harus berperan dalam mengajak masyarakat untuk memilih dan melawan kebijakan moneter.

“Saya kira yang penting adalah mengajak masyarakat untuk memilih, mengajak masyarakat untuk memilih pada tanggal 14 Februari. Kemudian mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara sukarela, bukan karena kebijakan moneter,” ujarnya.

Dalam upaya menjaga kualitas demokrasi dan menjamin pemilu yang damai dan aman, Osman mengajak pers menjadi rumah bagi penyebaran berita bohong yang merajalela menjelang pemilu.

Dengan memperkuat peran pers secara kritis dan independen, pemilu 2024 diharapkan dapat menciptakan transisi kepemimpinan yang damai, sah, dan dapat diterima secara sosial.

Osman menilai menjaga martabat demokrasi memerlukan kerja sama antara pers, pemerintah, dan masyarakat.

“Saya pikir yang penting adalah bagaimana pers menciptakan pemilu yang sah dan damai yang bisa mengawasi transisi kepemimpinan kita dengan lebih baik,” tutupnya.

Dewan Pers Undang Calon Presiden dan Wakil Presiden Nyatakan Komitmen Independensi Pers

Anggota Dewan Pers: Peran Jurnalis dalam Mendukung Pemilu Berkualitas

Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari untuk memperingati hari jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Tahun ini Hari Pers Nasional mengusung tema “Melindungi peralihan kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa”.

Koresponden: Fetor Rochman
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024