jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung pelaksanaan program Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) untuk mendorong transformasi digital di sektor keuangan.

“P2DD atau Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dilakukan untuk mempercepat implementasi salah satu komponen terpenting ekosistem ekonomi digital, yaitu digitalisasi transaksi keuangan daerah,” ujar Johnny J. Platt, Menteri Komunikasi dan Informatika. Dalam Rapat Koordinasi Nasional P2DD, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Jani mengatakan: Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan berbagai program dan kebijakan untuk mempercepat program ini, salah satunya adalah kewajiban setiap operator sistem elektronik (PSE) yang beroperasi di Indonesia untuk mematuhi peraturan negara. Bentuk implementasi nyata dari undang-undang ini adalah kewajiban PSE untuk mendaftar ke pemerintah.

“Daftar dan daftar hanya melalui Online Online Submission (OSS),” kata Johnny.

Kemenkominfo Tawarkan Situs Cek Bantuan “Stopbox”.

Bentuk dukungan pemerintah lainnya terhadap transaksi keuangan digital dan elektronik adalah Indonesian QR Standard (QRIS) yang disediakan oleh Bank Indonesia.

Jani mengatakan, implementasi P2DD dapat dilaksanakan jika infrastruktur digital yang memadai tersedia di tingkat nasional.

Menteri Jani juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah menggunakan lebih dari 24.000 aplikasi karena masing-masing lembaga bekerja sendiri-sendiri. P2DD diharapkan menjadi program untuk mengintegrasikan program agar pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dapat terlaksana dengan baik.

“Dengan dukungan ini, kami berharap dapat mempercepat implementasi transaksi pemerintahan secara elektronik menuju pemerintahan digital,” kata Jani.

Rakornas P2DD Tahun 2022 dilaksanakan di Jakarta dengan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny J. Platt, Menko Perekonomian Irlanga Hartartu selaku Ketua Pengarah Gugus Tugas P2DD, Menko Polhukam, MD Mahfud. Presiden Bank Indonesia Perry Warjiu dan Wakil Menteri Dalam Negeri John Wimpey.

Dalam rakornas tersebut, para pimpinan daerah dari provinsi, kota dan departemen se-Indonesia hadir secara fisik dan virtual.

Kemenkominfo gandeng Kemendikbudristek tingkatkan literasi digital

25 kota dan daerah akan adakan ASO pada 3 Desember, Komnekominfo mengumumkan

Kemenkominfo Sosialisasikan RUU Hukum Pidana Bagi Masyarakat dan Akademisi Bali.

Koresponden: Natisha Andarningtias
Editor: Maria Rosari dei Putri