Kementerian Kesehatan membantu RS Sepaku Pratama Kota Nusantara untuk melakukan upgrade

pelintas kelima Uttara (JurnalPagi) –

Kementerian Kesehatan (COMNEX) membantu Rumah Sakit Umum Sepako Pratama di Kecamatan Sepako, Kabupaten Paser Penajam Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yang merupakan bagian dari Kabupaten Kota Nusantara, calon ibu kota Indonesia, untuk ditingkatkan dari rumah sakit Tipe D. Tipe C

Kepala Dinas Kesehatan Pratama Sepako Sepako Kabupaten Panjam Utara Paser Jensage Grace Makisurat di Panjam, Kamis, mengatakan, pihaknya siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar dan pekerja dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia.

Dikatakannya: Untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, RSUD Sepako Pratama menambah fasilitas.

Menurut dia, anggaran pembangunan dan fasilitas RSUD Sepako Pratama sekitar 72 miliar dolar kontribusi Kementerian Kesehatan untuk desain rumah sakit secara keseluruhan.

Ia mengatakan, RSUD Sepako Pratama yang saat ini berstatus tipe D akan ditingkatkan menjadi tipe C dengan selesainya pembangunan dan penambahan fasilitas yang disediakan Kementerian Kesehatan.

Fasilitas yang akan dibangun antara lain penambahan ruang rawat inap dan pusat pelayanan kesehatan yang akan melayani pasien khusus yang mengalami trauma atau kecelakaan kerja (trauma center).

Kemudian unit perawatan intensif (ICU), fasilitas gawat darurat (IGD) serta tempat tidur tambahan.

Katanya, anggaran Kementerian Kesehatan untuk melengkapi seluruh fasilitas yang belum ada di gedung sesuai standar.

RSUD Sepaku Pratama Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini baru memiliki 50 tempat tidur, ruang ICU belum tersedia dan ruang operasi belum standar.

Koresponden: Bagus Purvaniyavan Rahat
Editor: Arafozon Saptiolda A
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *