Kementerian Jihad Pertanian: Kapasitas lahan peremajaan kelapa sawit mencapai satu juta hektar

Program ksatria ini diharapkan dapat memberikan tambahan produksi sebesar 1 juta ton gabah kering panen atau GKP

JAKARTA (JurnalPagi) – Direktur Jenderal Pertanian Kementerian Pertanian (Kamentan) Andi Noor Alam Siah mengatakan potensi lahan permudaan kelapa sawit kecil (PSR) yang bisa dioptimalkan mencapai 1 juta hektar untuk penanaman padi gogo.

Andy mengatakan pada Rakornas Percepatan Peremajaan Pengecer Kelapa Sawit, dari hasil identifikasi Kementerian Pertanian, terdapat potensi lahan PSR yang bisa dioptimalkan dengan luas 1 juta hektar. Di Jakarta, Selasa

Katanya, setelah persetujuan akhir, 540 ribu hektar lahan bisa ditanami padi gogo. Inilah langkah pengaplikasian minyak sawit pada overlay produk makanan atau biasa disebut Ksatriya.

“Program Ksatria ini diharapkan dapat memberikan tambahan produksi sebesar 1 juta ton gabah kering panen atau GKP,” kata Andy dalam keterangan resmi di Jakarta.

Ia menyatakan, sejak tahun 2016, program PSR telah dilaksanakan di 21 provinsi dan 148 kabupaten/kota, dan telah dikeluarkan rekomendasi teknis peremajaan seluas 327.065 hektar.

Kementerian Pertanian Kembangkan Aturan Baru Peremajaan Tanaman Sawit Skala Kecil di Kawasan HGU.
Usulan Pemerintah Naikkan Kredit 60 Juta Rial Per Hektare untuk Kebangkitan Sawit

Dikatakannya, Dengan luas budidaya 218 ribu hektare 272 hektare yang tersebar di 21 provinsi sentra budidaya kelapa sawit dan hingga tahun 2024 program PSR ditargetkan seluas 120 ribu hektare dengan luas 80 ribu hektare melalui jalur resmi dan 40 ribu hektare melalui jalur resmi dan 40 ribu hektare melalui jalur resmi. saluran kerjasama.

Andy menjelaskan, program penanaman padi gogo di perkebunan kelapa sawit dan kelapa untuk tumpang sari tanaman pangan merupakan kegiatan bersama Ditjen Pertanian bersama Ditjen Tanaman Pangan dengan para pemangku kepentingan usahatani, baik petani kecil maupun besar. , publik dan swasta.

Andy melanjutkan, Program ini merupakan upaya optimalisasi tanaman sawit dan kelapa serta meningkatkan pendapatan petani pada masa peremajaan sawit dan kelapa.

Dikatakannya, dalam pelaksanaannya, Ditjen Pertanian telah bekerjasama dengan Ditjen Pangan, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, asosiasi dan seluruh pemangku kepentingan di bidang kelapa sawit dan kelapa.

Ditambahkannya: “Bersama-sama berkoordinasi dan berperan aktif dalam mencari solusi atas setiap tantangan dalam mensukseskan program Kementerian Pertanian yaitu percepatan peremajaan tanaman sawit rakyat dengan program produk pangan, guna mewujudkan peningkatan produktivitas dan kualitas Andy mengatakan: Minyak sawit dan ketahanan pangan .

Dukungan Serikat Petani Sawit untuk Dana Peremajaan 60 Juta Rial per Hektare
Irlenga: Realisasi peremajaan sawit meningkat 72,35%

Koresponden: Mohammad Harianto
Editor: Indra Gultom
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *