Kementerian Agama memberikan bantuan 2.000 masjid ramah hingga tahun 2024

Kami berharap kebangkitan peran masjid dalam pengelolaannya menjadi lebih profesional

Jakarta (JurnalPagi) –

Kementerian Agama kembali melaksanakan Program Ramah Masjid, yaitu membantu menghidupkan kembali masjid inklusif dengan target 2.000 masjid dan musala pada tahun 2024.

“Kami juga telah memberikan bantuan operasional uji coba Masjid Ramah tahap pertama 2024 pada bulan Januari lalu. Bantuan ini hanya untuk menunjang Set alat Hanya (fasilitas) saja,” kata Direktur Agama Islam dan Pengembangan Syariah Kementerian Agama Adib dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Masjid ramah adalah masjid/mashali yang kondisinya memenuhi kriteria lima kategori keramahan, baik dari segi mentalitas (Kerangka berpikir), Keterampilan (Keahliankeseluruhan ekosistem serta ketersediaan infrastruktur (Set alat).

Kelima kategori tersebut adalah ramah terhadap perempuan dan anak, ramah terhadap penyandang disabilitas dan lanjut usia, ramah terhadap lingkungan, ramah terhadap keberagaman, serta ramah terhadap masyarakat miskin dan pelancong.

Bantuan tersebut meliputi 15 juta riyal untuk masjid dan 10 juta riyal untuk musala.

“Selain tidak besar, fasilitasnya juga lebih mudah dilihat Bukti dan bukti Adib berkata: Pengukuran.

Ia berharap kredit bantuan operasional dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendorong terbentuknya ekosistem masjid dan meningkatkan derajat keberlanjutan beragam masjid.

“Melalui program ini, kami berharap dapat menghidupkan kembali peran masjid yang pengelolaannya lebih profesional, pandangan pemahaman agama yang lebih moderat, lebih bersahabat dengan seluruh ekosistem, serta semakin berdaya dan memberdayakan jamaahnya,” ujarnya.

Selain program Masjid Ramah, pihaknya juga merencanakan program pada tahun 2024, antara lain Sekolah Agen Resolusi Konflik (SPARK), Simposium Internasional Masjid Inovatif 2024, digitalisasi 5.000 judul buku agama Islam, dan Islamfest. yang diadakannya). memperkenalkan keindahan Islam kepada generasi muda).

Koresponden: Asp Pharmacia
Redaktur: Budi Santoso
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *