jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Argentina melaju ke babak semifinal setelah menang adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 2-2 setelah 120 menit pada Sabtu dini hari WIB di Stadion Lusail Doha.

Argentina memimpin berkat gol dari Nahuel Molina dan Lionel Messi, dan gol penyeimbang Belanda dibeli oleh Voet Wehrst.

Peluang Argentina tercipta pada menit ke-22. Lionel Messi melakukan tembakan spekulatif dari luar kotak penalti Belanda, namun arah bola masih belum mengarah ke gawang.

Belanda membalas dua menit kemudian. Memphis Depay bekerja sama dengan Steve Bergwin, yang terakhir kemudian mencoba menyelesaikannya dengan tembakan yang masih melebar dari gawang Argentina yang dikawal oleh Emiliano Martinez.

Argentina berhasil unggul 1-0 pada menit ke-35. Messi mengoper dua pemain lalu mengoper bola tepat ke Nahuel Molina yang masuk ke area penalti.

Virgil van Dijk coba memblok tembakan Molina, namun bola masih masuk ke gawang Andries Neupert untuk membuat skor menjadi 1-0.

Usai 0-1, Belanda perlahan mulai meningkatkan serangannya. Mereka memiliki beberapa peluang, tetapi penyelesaiannya buruk.

Kami tidak kebobolan gol tambahan hingga akhir babak pertama. Argentina memimpin 1-0 melawan Belanda.

Usai jeda, Belanda langsung tancap gas dan menekan Argentina untuk menyamakan kedudukan. Namun, Argentina bertahan dengan baik dan menahan serangan Belanda dari setiap sayap.

Argentina memiliki peluang emas di menit ke-63. Messi mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti, tembakannya ke pojok kanan dibelokkan Neupret namun masih meleset tipis.

Scaloni Senang Bertemu Idolanya Van Gaal di Perempat Final Piala Dunia

Argentina sejauh ini lebih efektif dalam menyerang meski kehilangan penguasaan bola. Holland hanya bisa melepaskan satu tembakan, tanpa ada yang tepat sasaran.

Sementara itu, Argentina berhasil mencatatkan enam tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran.

Argentina menggandakan skor pada menit ke-74 dengan menerima penalti. Marcos Acuna dijatuhkan oleh Denzel Dumfries di kotak penalti.

Lionel Messi yang sempat berkembang sebagai jangkar Argentina sukses menjalankan tugasnya. Tim Tango menang 2-0 melawan Belanda.

D’Orange akhirnya memperkecil selisih pada menit ke-83. Pengganti Wot dan Horst berhasil melewati Steven Berghuis. Hasil 2-1 masih berubah berpihak pada Argentina.

Laga sempat sedikit memanas di akhir pertandingan setelah Leandro Paredes melempar bola ke arah bangku cadangan Belanda sehingga membuat pemain kedua tim saling menekan.

Ake Sebut Belanda Harus Hati-hati Hadapi Alvarez Lawan Argentina

Wasit memberikan kartu kuning kepada Leandro Paredes dan Virgil van Dijk atas kejadian ini.

Sementara Argentina hampir memenangkan pertandingan, Belanda bermain imbang 2-2 secara dramatis di menit ke-100.

Bek asal Argentina itu melakukan pelanggaran di depan kotak penalti.
Tendangan bebas yang sibuk berhasil diselesaikan oleh Weghorst, memaksa pertandingan ke perpanjangan waktu.

15 menit pertama perpanjangan waktu berlangsung sulit dan peluang terbaik Argentina datang pada menit ke-104 ketika Otmedi gagal menangani umpan Messi.

Sementara itu, babak kedua perpanjangan waktu lebih intens dan kedua tim mulai saling serang untuk mencetak gol pembuka.

Kata Van Dijk: Solidaritas adalah kunci sukses Belanda melawan Argentina.

Argentina nyaris mencetak gol pada menit ke-114, seandainya tembakan Lautaro Martinez di depan gawang tak mampu diselamatkan van Dijk. Tim Tango kembali mendapat peluang melalui sundulan Pezella, namun upayanya gagal.

Argentina memiliki dua peluang di menit-menit akhir melalui tembakan Lautaro dan sepak pojok yang langsung mengarah ke gawang Angel Di Maria. Namun, skor tetap tidak berubah dan harus dilanjutkan melalui tendangan penalti.

Messi, Paredes, Montil melakukan tugasnya dengan baik untuk Argentina dan Lautaro Martinez menang. Hanya Enzo Fernandez yang tidak bisa mencetak gol untuk Argentina.

Sementara itu, Emiliano Martinez sukses menghentikan dua penyerang Belanda saat Theon Koopminers, Wot Wehrst, dan Luc de Jong semuanya membentur gawang Argentina.

Dengan begitu, Argentina menang 4-2 lewat adu penalti dan akan menghadapi Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022.

Kroasia melaju ke babak semifinal dengan menyingkirkan Brasil melalui adu penalti
Tite resmi mengundurkan diri sebagai pelatih kepala timnas Brasil

Koresponden: Hendry Sukma Indravan