Kemarin KPU minta Jokowi bantu PSU Malaysia – harga BBM tidak naik

Jakarta (JurnalPagi) – Berbagai peristiwa politik diberitakan kantor berita JurnalPagi pada Senin (4/3) dan masih layak dibaca untuk mengetahuinya pagi ini.

1. Presiden akan ke Melbourne untuk menghadiri KTT Istimewa ASEAN-Australia

Presiden Joko Widodo berangkat ke Melbourne, Australia pada Senin pagi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia pada 4-6 Maret 2024, yang merayakan 50 tahun hubungan kemitraan ASEAN dengan negara tersebut.

Dalam keterangannya sebelum bertolak ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta, Presiden, Senin, mengatakan: Hari ini saya dan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne, Australia untuk mengikuti KTT Istimewa ASEAN-Australia.

Silakan baca di sini.

2. KPU meminta bantuan Presiden untuk mempertahankan gelar PSU di Kuala Lumpur

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta bantuan Presiden RI Joko Widodo untuk menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia, karena adanya kebijakan khusus mengenai aktivitas politik di negara tetangga lainnya.

Ketua KPU Indonesia Hasim Asiari menjelaskan kebijakan tersebut berkaitan dengan permohonan izin yang harus diajukan tiga hingga enam bulan sebelum acara politik, seperti pemungutan suara dari negara lain yang diadakan di Malaysia.

“Ada informasi terbaru yang diberikan pemerintah Malaysia instruksi “Baik protokol atau semacam SOP bahwa negara lain yang melakukan kegiatan politik di Malaysia harus mengajukan izin dan mengikuti prosedur,” kata Hasyim di kantor KPU Indonesia di Jakarta, Senin.

Silakan baca di sini.

3. Bawaslu RI menyebut PSU Kuala Lumpur, Malaysia sangat memprihatinkan

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bavaslu) Indonesia Loli Sohenti mengatakan pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia menimbulkan kekhawatiran serius bagi jenazahnya.

Lully menjelaskan semua langkah penting termasuk PSU. Selain itu, lanjutnya, PSU hanya bisa dilakukan satu kali atau tidak bisa diulang.

“PSU tidak mungkin terulang kembali. Jadi, ini sangat memprihatinkan karena proses PSU sendiri berdasarkan rekomendasi Bawaslu,” kata Loli di gedung KPU Indonesia, Jakarta, Senin.

Silakan baca di sini.

4. Presiden Jokowi jamin harga BBM tidak naik

Presiden Indonesia Joko Widodo memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik dalam waktu dekat.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden usai menggelar rapat terbatas pembahasan bahan bakar di Kompleks Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebelum bertolak ke Australia untuk menghadiri KTT Istimewa ASEAN-Australia.

Ketika ditanya apakah harga bahan bakar akan naik, Presiden Widodo menjawab: “Tidak akan naik.”

Silakan baca di sini.

5. Menteri Dalam Negeri meminta pemerintah daerah untuk menjamin akses pangan sebelum Ramadhan

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah (PAMDA) menyediakan pangan dengan harga terjangkau menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut dia, upaya pemerintah daerah ini penting karena upaya pengendalian inflasi di tingkat nasional merupakan gabungan dari tindakan pusat dan daerah.

Makanya menurut saya pertemuan ini terasa istimewa dibandingkan Senin lalu karena hari ini Kepala Badan Pangan mengundang seluruh pemangku kepentingan, baik pusat maupun daerah, kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Silakan baca di sini.

Koresponden: Narda Margaretta Sinambala
Editor: Eddie Sujatmiko
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *