Kelemahan dolar terbatas, pasar mencari petunjuk dari Bank Sentral dan Bank Sentral Eropa

Dengan berlanjutnya kondisi permintaan global, perlambatan inflasi dan ekspektasi suku bunga marjinal jauh di bawah puncaknya, para pedagang yang bertaruh pada pasar bullish atau bearish memberikan pandangan yang lebih bernuansa.

NEW YORK (JurnalPagi) – Dolar melemah terhadap sekeranjang mata uang utama pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), namun pelemahan tertahan karena para pedagang berupaya memasang taruhan besar jelang pertemuan bank sentral pekan depan, termasuk The Fed. ragu-ragu. Cadangan (Federal Reserve) dan Bank Sentral Eropa (ECB).

Selain itu, banyak pasar Asia masih dalam liburan Tahun Baru Imlek, meninggalkan banyak mata uang utama dalam kisaran ketat.

“Rentang perdagangan semakin ketat menjelang pertemuan bank sentral minggu depan,” kata kepala strategi pasar Corpay Carl Shamutta.

Pedagang banyak memperkirakan Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) Rabu depan (1/2/2023), turun dari kenaikan 50 basis poin pada Desember. Sementara itu, Bank Sentral Eropa telah berjanji untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar setengah persentase poin minggu depan.

“Dengan kondisi permintaan global yang tetap stabil, inflasi melambat, dan ekspektasi suku bunga terminal jauh di bawah puncaknya, para pedagang yang bertaruh pada pasar bullish atau bearish memberikan pandangan yang lebih bernuansa,” kata Shamutta.

Kurangnya rilis data utama AS pada Rabu (25/1/2023) berkontribusi pada kondisi perdagangan yang lesu.

Tetapi dengan Departemen Perdagangan AS merilis perkiraan awal produk domestik bruto kuartal keempat pada hari Kamis, pasar kemungkinan akan mendapatkan momentum akhir pekan ini, kata Shamutta.

Mungkin ada kejutan dalam angka PDB dan konsumsi pribadi yang akan dirilis besok dan lusa. Efek cambuk banteng Itu bisa memiliki konsekuensi yang sangat tidak terduga untuk ekonomi riil.”

Dolar melemah, yen menguat seiring euro mendekati level tertinggi 9 bulan

Euro naik 0,23 persen menjadi $1,0913, tidak jauh dari level tertinggi sembilan bulan di $1,0927 yang dicapai pada hari Senin.

Data pada Selasa (24/1/2023) menunjukkan aktivitas bisnis zona euro secara mengejutkan kembali ke pertumbuhan moderat pada Januari. Ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Bank Sentral Eropa juga telah mendukung euro.

Sentimen bisnis Jerman membaik pada Januari karena inflasi mereda dan prospek cerah, menurut data survei Ifo yang dirilis pada Rabu (25 Januari 2023).

Sebaliknya, data pada Selasa (24/1/2023) menunjukkan aktivitas bisnis AS turun pada Januari selama tujuh bulan berturut-turut, meski penurunan manufaktur dan jasa melambat untuk pertama kalinya sejak September.

Dolar turun 0,42 persen terhadap yen menjadi 129,615 yen per dolar, setelah mencapai level terendah delapan bulan di 127,215 pada 16 Januari.

Di tempat lain, dolar Australia melonjak ke level tertinggi lebih dari lima bulan pada Rabu (25/01/2023) setelah data inflasi masuk lebih tinggi dari perkiraan, semakin memperkuat kenaikan suku bunga oleh bank sentral Australia (RBA).

Dolar Australia Naik, Kiwi Turun Pasca Rilis Data Inflasi

Dolar Australia terakhir naik 0,76% pada $0,7099.

Sementara itu, dolar Selandia Baru turun 0,44 persen menjadi $0,6479 setelah inflasi tahunan kuartal keempat sebesar 7,2 persen turun dari perkiraan bank sentral sebesar 7,5 persen.

Sterling turun 0,47 persen terhadap Dolar naik.

Setelah Bank of Canada (BoC) pada Rabu (25/1/2023) menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 4,5%, level tertinggi dalam 15 tahun, dolar 0,18% terhadap mitra Kanada itu sendiri meningkat. Untuk mengukur efek kumulatif dari kenaikan sebelumnya.

Sementara itu, bitcoin sedikit berubah pada hari ini di $22.757, terus melemah setelah naik sepertiga sejak awal Januari, menyusul penurunan tajam setelah jatuhnya FTX bursa terkemuka.

CEO Indodex: Bitcoin berpotensi memasuki tahap jenuh di tahun 2023.

Penerjemah: App Sohander
Editor: Risbani Fardanieh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *