Kecap manis merupakan salah satu ciri khas budaya makanan Imlek

Jakarta (JurnalPagi) –

Pada Tahun Baru Imlek 2024 (Kongzili 2575), masyarakat keturunan Tionghoa mengadakan acara kumpul keluarga dan makan bersama.

“Salah satu masakan yang umum setiap perayaan Imlek adalah pindang susu ikan, namun menggunakan kecap manis,” kata celebrity chef Ragil Imam Weibow, Jumat.

Katanya, kecap manis digunakan karena perpaduan budaya Tionghoa dan Indonesia yang diwariskan secara turun temurun.

Saat Imlek, banyak juga masakan yang mulai menggunakan kecap manis karena pengaruh Indonesia, karena itu harus pakai. Saus Jamur “Itu kecap Cina, sebenarnya rasanya asin, tapi dulu sulit didapat, jadi akhirnya diganti dengan kecap manis,” kata Rogill.

Pangsit Tai Cina dan Udang, Terinspirasi Masakan Tradisional Tahun Baru Imlek

Rayakan Imlek, Saatnya Cicipi Kuliner Bersejarah Negeri Tirai Bambu.

Dikatakannya, ciri khas masakan Imlek masih 70% pengaruh Tionghoa, namun karena sulitnya mencari bahan kecap, masyarakat Tionghoa menggunakan kecap manis yang hanya tersedia di Indonesia sebagai alternatif.

Rasa yang dihasilkan akan sedikit berbeda, namun warna yang terlihat pada makanan tersebut tetap sama dengan pindang lionfish resep Cina asli, kata Raghill.

Selain susu ikan pindang, masakan umum lainnya yang juga menggunakan kecap manis adalah kaki babi rebus atau sering disebut samchan. Ada juga mie panjang umur, yang terbuat dari puluhan bumbu yang diracik untuk melambangkan kelimpahan, kebahagiaan, dan kesehatan.

Beberapa makanan ini biasa ditemui pada perayaan Tahun Baru Imlek, karena melambangkan kemurahan hati dan harapan akan rejeki di tahun yang akan datang.

“Yang penting ada beberapa yang mereka manfaatkan, misalnya harus ada ikan sebagai simbol ketangkasan mencari kekayaan, aslinya ada potongan ham dari daging babi yang sebenarnya bisa dicampur dengan daging. harus diganti.” kata Ragil.

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *