jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha pada Jumat (23/12) menggelar malam penghargaan bagi relawan Piala Dunia Qatar 2022 atau relawan dari Indonesia, dimana Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Ridwan Hassan, menyebut mereka duta besar negara. bangsa

“Bagaimanapun, mereka adalah para duta besar suatu bangsa yang berdiri berhadapan dengan para pendukung banyak negara,” kata Dubes Rezwan di KBRI Doha dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

KBRI Doha mencatat setidaknya ada 90 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terlibat sebagai relawan Piala Dunia 2022.

WNI diaspora Indonesia mayoritas berada di Qatar, namun ada juga sebagian kecil WNI yang sengaja terbang untuk menjadi relawan Piala Dunia 2022, baik dari Indonesia maupun dari negara lain.

Pelajar Indonesia tunda kepulangannya menjadi relawan di Piala Dunia

Selama Piala Dunia FIFA 2022, para relawan dari Indonesia akan melakukan berbagai tugas antara lain mengelola media center, petugas informasi stadion, membimbing penonton difabel, hingga yang bertugas sebagai pemandu sepanjang perjalanan suporter ke stadion dan area padat. Sebagai festival penggemar FIFA. .

“Meski harus menempuh perjalanan hampir 2,5 jam setiap hari, saya tetap menikmati kegiatan kerelawanan ini,” ujar Ahmed Sirnoubi Fatah, warga diaspora yang menjadi relawan.

Selain menjadi relawan, diaspora Indonesia di Qatar juga banyak terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022.

Piala Dunia Jadi Langkah Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Qatar

Ali Mortado, Direktur Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Doha, mengatakan: “Pada Piala Dunia kemarin, puluhan anak Indonesia hadir sebagai kru bola, pembawa bendera, atau pendamping pemain.

Selain itu, Indonesia juga turut berpartisipasi melalui beberapa pertunjukan seni budaya selama Piala Dunia Qatar 2022 pada kesempatan pemerintah daerah, baik berupa pertunjukan angklung, pameran batik, festival diaspora maupun kegiatan seni perorangan.

Atas kerja sama ini, KBRI Doha juga memberikan penghargaan kepada sanggar seni Indonesia dan tokoh seni di Qatar yang telah aktif mempromosikan Indonesia selama Piala Dunia 2022.

Kegiatan Diaspora untuk Indonesia Bawa Semangat Piala Dunia 2022

Pengkhotbah: Gilang Galliarta
Editor: Teguh Handoko