Karantina Jatim Tingkatkan Pengawasan Lalu Lintas Komoditas Ikan

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayahnya, Karantina Jawa Timur terus meningkatkan pengawasan dan memastikan barang-barang yang diselundupkan tidak dilarang dan dalam keadaan sehat serta dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan karantina.

Melang, Jawa Timur (JurnalPagi) – Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) atau Karantina Tumbuhan Jawa Timur berupaya meningkatkan pengawasan pergerakan komoditas ikan untuk memperkuat pengawasan pintu peredaran tumbuhan dan hewan Tanah Air.

Ketua BKHIT Jawa Timur Mohalis Netsir menekankan perlunya peningkatan pemantauan pergerakan produk ikan dalam keterangan yang diterima di Kabupaten Melang, Jawa Timur, Selasa.

“Karantina Jawa Timur selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayahnya terus meningkatkan pengawasan dan memastikan barang transit tidak dilarang dan sehat serta dilengkapi dengan sertifikat kesehatan karantina,” kata Mohalis.

Mohalis menjelaskan, perbaikan regulasi salah satunya telah dilakukan pada pekan lalu melalui karantina ikan Unit Pelayanan Bandara Abdul Rahman Saleh Malang. Unit ini memeriksa 24 ekor lobster air tawar (Cherax sp) sebelum dipindahkan ke wilayah Batam.

Lanjutnya, pemantauan ini dilakukan dengan pemeriksaan fisik secara detail, meliputi kesesuaian jenis, isi dan ukuran, jumlah serta dokumen penyerta. Tindakan karantina sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Rahman Samad, petugas karantina ikan yang melakukan pemeriksaan, menambahkan: Kepiting air tawar yang diperiksa bukan termasuk jenis yang dilarang untuk diimpor, diternakkan, diedarkan, dan dilepasliarkan, serta bukan merupakan ikan yang berbahaya dan membahayakan.

“Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 19/PERMEN-KP/2020,” kata Rahman.

Lobster air tawar pada awalnya dikenal sebagai komoditas ikan hias sejak tahun 1990 dan menjadi komoditas konsumen pada tahun 2002 hingga tahun 2003. Saat ini lobster air tawar mulai menarik perhatian sebagai bahan budidaya.

Karantina Jatim Luncurkan Area Pelayanan Bukhur – Garaman Kulit Mentah

Khoufife Minta Peternak Karantina Hewan Agar Terlindung dari Infeksi

Koresponden: Vicky Fabrianto
Editor: Ahmed Bochuri
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *