Kamar Dagang dan Industri Indonesia meluncurkan kalkulator emisi gas rumah kaca berbasis web

Jakarta (JurnalPagi) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui program Kadin Net Zero Hub bersama beberapa mitra meluncurkan kalkulator emisi gas rumah kaca (GRK) berbasis web yang dapat digunakan secara gratis oleh perusahaan untuk digunakan untuk perhitungan. dan mengukur dampak lingkungannya.

Platform bernama Kalkulator Emisi dan Visualisasi Asia Tenggara (Kalkulator Emisi & Visualisasi Asia Tenggara) yang disingkat ECOVISEA merupakan salah satu hasil kolaborasi KADIN Indonesia, East Ventures dan WRI Indonesia dalam mencapai tujuan net zero emisi.

ECOVISEA adalah platform penting bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mengukur dan mengurangi emisi gas rumah kaca, kata Shinta W. Kamdani, Wakil Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Urusan Eksternal Kamar Dagang dan Industri Indonesia, dalam keterangannya, Rabu di Jakarta.

Kadin dan East Ventures Luncurkan Kalkulator GRK Berbasis Web

Wakil Menteri BUMN Sebut Dibutuhkan Dana untuk Percepatan Transfer Energi

ECOVISEA dirancang untuk menghitung emisi gas rumah kaca suatu perusahaan berdasarkan tiga faktor Jangkauan atau penutup Jangkauan Pertama, emisi langsung dari sumber yang dimiliki atau dikuasai perusahaan, seperti pembakaran stasioner, emisi gas rumah kaca, pembakaran bergerak, emisi proses, dan sebagainya.

Jangkauan Kedua, emisi tidak langsung dari produksi energi yang dibeli, seperti pembelian listrik, panas atau uap, dll. Jangkauan Ketiga, seluruh emisi tidak langsung lainnya dari rantai nilai perusahaan berasal dari rantai nilai hulu dan hilir.

Data faktor emisi yang digunakan dalam ECOVISEA disediakan oleh Climatiq, mesin penghitungan karbon berstandar global yang mematuhi protokol GRK dan ISO 14067.

Perusahaan dapat mengunjungi ecovisea.com untuk mendaftarkan akun. Setelah mengonfirmasi dan mendaftarkan perusahaan, pengguna dipandu dengan petunjuk langkah demi langkah untuk mengunggah data mereka ke dashboard akun perusahaan.

Setelah pengisian data, perusahaan menerima langsung hasil perhitungan atau laporannya Tepat waktu Disajikan dalam bentuk pengumpulan data dan visualisasi. Laporan ini berisi beberapa informasi penting, termasuk nomor publikasi dengan data rinci serta analisis tren waktu.

Selain itu, perusahaan dapat dengan mudah menyimpan draf dan memperbarui data pada setiap tahap proses, sehingga pengguna memiliki fleksibilitas untuk melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Untuk versi saat ini, ECOVISEA dapat mendukung perusahaan dalam perhitungannya Rentang 1, Rentang 2dan beberapa bagian Rentang 3. Versi lengkapnya akan dirilis pada paruh pertama tahun 2024.

ECOVISEA mengutamakan kebijakan privasi bahwa data perusahaan yang diunggah ke platform ini hanya digunakan untuk menghitung emisi gas rumah kaca perusahaan.

Platform tersebut menyimpan sementara data yang diunggah pengguna untuk membuat dashboard hasil perhitungan emisi gas rumah kaca perusahaan.

ECOVISEA juga terintegrasi dengan sistem privasi data, yang membatasi akses, pencatatan dan modifikasi data perusahaan hanya pada akun yang terdaftar menggunakan domain email perusahaan.

“Kami yakin bahwa ECOVISEA akan memainkan peran penting dalam memungkinkan perusahaan nasional mencapai tujuan pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencapai emisi net zero pada tahun 2060,” kata Shinta.

Kadin mengusung rencana pengurangan gas rumah kaca di COP26 Glasgow

Kadin yakin program Kadin Net Zero Hub mampu menurunkan emisi gas rumah kaca

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *