Kalbe meluncurkan cerpelolimab untuk pengobatan kanker paru-paru sel kecil

Jakarta (JurnalPagi) – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya PT Kalbe Genexine Biologics (KGbio) dan PT Global Onkolab Farma (GOF) meluncurkan obat Serplulimab untuk memperluas akses layanan kesehatan bagi para pejuang kanker.

Serplulimab adalah produk imunoterapi inovatif yang dikombinasikan dengan kemoterapi untuk pengobatan lini pertama kanker paru-paru sel kecil stadium lanjut (ES-SCLC).

“Ketersediaan Serplulimab merupakan bukti komitmen Kalbe dalam memperluas akses layanan kesehatan bagi pasien kanker paru-paru,” kata Si Johan, Presiden Direktur KGbio sekaligus Direktur Kalbe, dalam sambutannya pada peluncuran Zerpidio Serplulimab di Jakarta, Sabtu.

Kalbe-Henlius tandatangani kemitraan produksi pengobatan kanker paru-paru

Tes EGFR memberikan pengobatan yang lebih baik bagi pasien kanker paru-paru

Ia menambahkan: “Fase ini juga merupakan inisiatif keberlanjutan kami dalam mendukung terciptanya ekosistem kesehatan yang terintegrasi seperti rumah sakit, tenaga kesehatan, asosiasi profesi kesehatan, pasien dan otoritas terkait.”

Kanker paru-paru sering kali didiagnosis di rumah sakit pada stadium lanjut ketika pilihan pengobatan terbatas. Begitu pula dengan kanker paru-paru sel kecil. Khusus SCLC atau kanker paru-paru sel kecil, kasusnya mencapai 14% dari seluruh kasus kanker paru-paru.

Kanker paru-paru juga merupakan jenis kanker ketiga yang paling umum, dengan lebih dari 50% pasien kanker paru-paru meninggal dalam waktu satu tahun setelah diagnosis, dan harapan hidup mereka hanya 17,8%.

Oleh karena itu, penanganan kasus kanker paru memerlukan pendekatan yang komprehensif, mulai dari upaya promotif dan preventif seperti program edukasi dan penyadaran tentang kanker paru, program berhenti merokok, skrining dan deteksi dini kanker paru, hingga tindakan pengobatan melalui metode medis yang tepat atau dalam kasus” Perawatan ini adalah imunoterapi.”

Inisiatif berkelanjutan Kalbe dalam mendukung penanganan kanker diperkuat dengan kehadiran ONE Onco sebagai ekosistem kesehatan terpadu yang dimulai dengan pengobatan medis, deteksi dini, layanan direktori, konseling online, belanja sehat dan perawatan suportif seperti nutrisi.

“Kalbe melalui anak perusahaannya, GOF, mengambil inisiatif untuk menciptakan ekosistem onkologi terintegrasi yang memberikan solusi komprehensif bagi pasien kanker dengan nama ONE Onco.
Oleh karena itu, kami menyambut baik tersedianya inovasi imunoterapi Serplulimab untuk membuka akses pengobatan yang lebih luas bagi pasien kanker paru-paru di Indonesia, kata Presiden GOF Liliana Susilvati.

Ke depan, Kalbe, KGbio dan Henlius akan memperluas izin pengembangan dan komersialisasi eksklusif mereka di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Sie Djohan mengatakan melalui kemitraan strategis ini, Kalbe akan berupaya memanfaatkan sumber daya dan kekuatan masing-masing untuk mempromosikan dan mengkomersialkan Serplulimab agar obat inovatif ini dapat diakses oleh pasien di negara-negara tersebut.

Peluncuran Serplulimab merupakan hasil kolaborasi dengan Shanghai Henlius Biotech. Serplulimab telah mendapat izin edar di Indonesia dari BPOM RI pada Desember 2023.

Dokter: Perokok pasif 4 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru

Pakar: 85% Kanker Paru Berhubungan dengan Kebiasaan Merokok

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *