Kalbe Farma mengembangkan alat tes diagnostik TBC

Jakarta (JurnalPagi) – PT Kalbe Farma melalui KalGen DNA mengembangkan tes diagnostik TB INDIGEN untuk mendukung pemerintah dalam memerangi TBC di Indonesia.

Itu adalah penduduk asli Perlengkapan perwakilan Untuk pemeriksaan TBC atau tes diagnostik menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dengan menggunakan mesin PCR yang sebelumnya digunakan untuk tes covid dan tersebar luas di seluruh Indonesia, apalagi dengan tersedianya tenaga ahli untuk melakukan PCR, INDIGEN dapat dengan mudah diimplementasikan untuk memperluas cakupan tes skrining TBC, khususnya tes ini mencakup Sistem terbuka Bahkan untuk pertama kalinya di Indonesia Direktur DNA KalGen Retnu Ambarvati mengatakan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pakar: Terapi Genomik dan Sel Punca Bisa Bantu Pemulihan Pasien

Alat tes INDIGEN dapat mendeteksi beberapa target gen TBC, yaitu bakteri, secara bersamaan Mycobacterium tuberkulosis (MTB) Mycobacterium non-tuberkulosis (NTM), serta resistensi obat Isoniazid Dan Rifampisin. INDIGEN memungkinkan pasien mendapatkan pengobatan yang tepat dengan mendeteksi bakteri dan resistensi obat secara bersamaan, sehingga hasil pengobatan lebih optimal.

Sebagai proyek percontohan, INDIGEN akan digunakan dalam program deteksi kasus TBC aktif di 12 wilayah perkotaan di tujuh provinsi. Kapasitas tes TBC dapat ditingkatkan dengan menggunakan infrastruktur yang sudah ada sebelum adanya COVID-19.

Komunikasi eksternal PT Kalbe Farma Tbk Hari Nugroho menambahkan, inovasi tes diagnostik TB INDIGEN merupakan salah satu inisiatif berkelanjutan perusahaan yaitu akses kesehatan bagi masyarakat.

“Melalui sumber daya dan infrastruktur pondok, kami akan terus berperan dalam mendukung tujuan pembangunan nasional, khususnya di bidang kesehatan,” kata Hari.

Perlengkapan perwakilan INDIGEN telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan RI dan memiliki tingkat komponen internal (TKDN+BMP) sebesar 40,82%. Produk sudah jadi dan dilengkapi dengan packing Perlengkapan perwakilan Untuk proses ekstraksi DNA sehingga sampel pasien siap untuk pengujian molekuler menggunakan PCR.

BRIN Susun Strategi Pengobatan TBC di Indonesia

Puskesmas Jagakarsa mengimbau setiap sekolah melakukan skrining TBC

Khasiat Jahe Sebagai Suplemen Pengobatan Pasien TBC

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *