jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kepala Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Uang. Firman Shantyabudi memantau kesiapan operasional Lilin 2022 jelang Natal dan Tahun Baru 2023 dari udara.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (12/12) malam, Kakurlantas meninggalkan Mabes Polri dengan menggunakan helikopter AW189/P-7002. Patroli pengawasan udara dilakukan di jalur lalu lintas Tol Jakarta Sikampak 2 Selatan dan mendarat di STPDN Jatinangor, Jawa Barat.

Pemantauan arus lalu lintas udara, kata dia, ditujukan untuk menyiapkan strategi dan pola pengamanan di titik-titik perbatasan, baik antarprovinsi maupun antarkabupaten/kota menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Sesampainya di STPDN Jatinangor, Jawa Barat, Firman Shantyabudi mendapat pemaparan dari Wadir Polda Jabar AKBP Matrius. Kakorlantas kemudian melakukan survey langsung ke Jalan Cisumdawu Jawa Barat (Cileunyi–Sumedang–Dawuan).

Ia menjelaskan, “Hari ini kami mendapat penjelasan dari beberapa Ditlantas Daerah dan pengelola jalan tol. Kami sudah melihat jalan tol di Cisumdawu dan Japek Selatan karena menurut informasi dua jalur tol ini bekerja selama pengamanan Nataru.”

Ia mengatakan, tol sebenarnya sudah dinyatakan laik jalan, meski masih ada pekerjaan yang dilakukan.

Ia mengatakan, “Masih ada pekerjaan fisik yang belum selesai, kami usulkan dihentikan sementara agar tidak mengganggu pengguna jalan yang sedang melakukan libur Nataro.”

Menurutnya, tol Cisumdawu yang dijadwalkan dibuka sebelum hari raya Nataru bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata.

Sebelumnya, Satlantas Polri dan pemangku kepentingan melakukan sidak di Posko Lalu Lintas Cikopo jelang Lebaran Nataru di Rest Area KM 68 Serang, Pelabuhan Merak, Banten dan Posko Gadog, Jawa Barat pada 5-7 Desember 2022. Mereka melakukannya untuk operasi Leylin 2022. Jawa Barat, Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikang Kong Semarang, Jawa Tengah, Polres Karanglu Malang, Jawa Timur, 28-29 November 2022.

Pollery Prediksi Kepanikan Jelang Natal dan Tahun Baru 2023

Polri Fokus Lancarkan Arus Lalu Lintas Operasi Laylin 2022

Koresponden: Fawzi
Editor: Budi Suyanto