Kadishub belum memastikan mengapa kunjungan ke Bali menurun karena wisman yang bandel

Bali (JurnalPagi) – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Samsi Gunartha, mengatakan penyebab penurunan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali masih belum diketahui.

Namun, sejumlah pihak menganggap wisatawan nakal yang dituntut oleh pemerintah daerah sebagai penyebabnya.

“Saya tidak tahu persis, tapi kalau sudah sampai, ada perubahan dan perubahan itu selalu berpengaruh. Saya tidak tahu persis apa penyebabnya, saya tidak tahu,” kata Samsey. “Konferensi Baterai dan Kendaraan Listrik ASEAN” di Nusa Dua, Bali, Selasa (9/5).

Sandiaga: Wisman Pilih NTB dan NTT untuk Pemerataan Destinasi Wisata

Sebelumnya, sejumlah video dan foto tentang turis asing yang nakal di Bali baru-baru ini dipublikasikan di jejaring sosial. Mulai dari turis asing yang menghina polisi saat berpapasan dengan mereka, hingga yang ugal-ugalan mengendarai kendaraan bermotor sewaan, plus tidak memakai helm.

Sejak awal tahun 2023 hingga April lalu, kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM di Bali juga telah mendeportasi total 70 warga negara asing (asing).

Samsi menjelaskan: “Kita dihadapkan pada permasalahan bahwa banyak turis asing yang hanya berbikini menyewa sepeda motor dan mengendarainya padahal sebelumnya tidak tahu cara mengendarai sepeda motor. Meski sulit untuk memperbaiki kebiasaan ini, upaya terus dilakukan. .” Kami akan mengatasinya. .

Sejak sejumlah video dan foto para turis asing nakal ini dipublikasikan, jumlah turis asing yang berkunjung ke Bali di bulan Februari mengalami penurunan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Februari 2023, jumlah wisman yang berkunjung ke Bali mencapai 323.623 orang. Angka ini mengalami penurunan sebesar 2,5% dibandingkan Januari 2023 (month-to-month/mom) dan telah ditonton sebanyak 331.912 kali.

Namun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah kunjungan wisman ke Bali pada Februari 2023 meningkat drastis dibandingkan Februari 2022 yang hanya mencapai 1.310 kunjungan. Pada Februari 2021, hanya 12 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali.

Meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali disebabkan adanya relaksasi kebijakan hingga pemerintah mencabut Pembatasan Kegiatan Sosial (PPKM) tahun lalu.

Saatnya Bali Pahami Wisata Berkualitas

Pengamat yakin pariwisata Bali akan tumbuh setelah WHO mencabut darurat Covid

Konjen China Bantu Pulihkan Pariwisata Bali

Koresponden: Pamela Sakina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *