Kabut asap akibat kebakaran telah menyelimuti wilayah Kota Dumai

Dumai, Riau, (JurnalPagi) – Kabut tebal akibat kebakaran hutan yang menyelimuti Kota Dumai, Provinsi Riau, membuat kondisi udara sangat buruk dengan asap yang menyengat dan menyengat hidung.

Irvan Sukma, Direktur Eksekutif Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai, menjelaskan, Minggu, kabut asap yang menutupi udara saat ini disebabkan oleh kebakaran lahan di beberapa tempat. Selain itu, ada juga pengiriman dari perbatasan dengan wilayah Bengali.

“Sebagian besar sudah padam dan masih dalam tahap pendinginan. Kami memperkirakan kabut asap juga berasal dari kebakaran lahan di perbatasan Doma-Bengkalis, tepatnya di Desa Bandar Laksamana,” kata Irvan Sukma.

Berdasarkan laporan harian bencana alam, kebakaran terjadi di hutan dan ladang di sejumlah tempat. yaitu kebun dan perkebunan kelapa sawit di Jalan Bambu Kuning, Desa Gurun Panjang, Kecamatan Bukit Kapur, dengan luas 15 hektar.

Lalu, lahan gambut dan semak belukar di Jalan Tanjung Sari, Desa Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, 7 hektare. Selain itu, semak seluas 20 hektare terbakar di Jalan Dumai Motor, Kelurahan Tanjung Palas, Dumai Timur.

Kebakaran Hutan dan Lahan Meluas Lebih dari 40 Hektare di Kepulauan Meranti

Kebakaran kembali terjadi di Jalan Batu Bintang, Kelurahan Bukit Bahtram, Kecamatan Dumai Timur, juga menghanguskan lahan seluas 5 hektare. Tempat terakhir berada di Jalan Teuku Umar, Desa Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, seluas 1 hektar.

Berdasarkan pantauan, aktivitas pengguna jalan tanpa menggunakan masker masih normal. Baik pejalan kaki maupun sepeda motor.

Salah satu pengendara sepeda motor mengatakan: “Ngomong-ngomong, kami berkumpul di luar setelah Tarawih, dan masker tidak disiapkan, padahal kondisi asap sangat buruk.”

Warga lainnya mengatakan, belum ada persiapan untuk memprediksi kabut asap yang hanya muncul tebal malam ini. Aktivitas di luar ruangan terus berlanjut.

Polres Rokan Hilir Riau menangkap pelaku kebakaran hutan

Koresponden: Bayu Agustari Adha/Abd al-Razzaq
Redaktur: Triono Subagyo
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *