Jerawat karena perawatan kulit baru? Inilah 5 Cara Mengatasi Pembersihan Kulit yang Benar

MOMSMONEY.ID – Pelajari cara merawat pembersihan kulit dengan benar di sini.

Clearing mengacu pada kambuhnya atau munculnya jerawat saat Anda menggunakan produk perawatan kulit baru pada kulit Anda, terutama jika produk tersebut mengandung banyak bahan aktif.

Alasan produk perawatan kulit baru membersihkan kulit adalah karena bahan-bahan di dalamnya meningkatkan pergantian sel, Itu berarti mereka bekerja dengan baik pada kulit Anda untuk memberi nutrisi, memperbaharui dan memperbaiki kulit Anda.

Dalam proses ini, racun dan kotoran terdorong ke permukaan kulit. Kondisi inilah yang menimbulkan reaksi dan munculnya jerawat.

Kabar baiknya, penyembuhannya lebih singkat dibandingkan timbulnya penyakit, sekitar 2-3 minggu. Setelah kulit melewati fase pembersihan dan terbiasa dengan kandungan produk perawatan kulit baru, kulit menjadi lebih sehat, bersih dan cerah.

Jadi bersabarlah saat membersihkan dan bersikap lembut pada kulit Anda karena kulit akan sangat rentan dan sensitif saat dibersihkan.

Nah, untuk membantu Anda menjalani dan meminimalisir intensitas pembersihan, gunakan 5 cara mengatasi pembersihan kulit yang benar. Perawatan kulit menjadi sederhana Sebagai berikut.

5 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari untuk Kesehatan, Pencegahan Penyakit Kardiovaskular!

1. Hindari terlalu banyak menyentuh wajah

Cara mengatasi kulit bersih yang pertama adalah dengan menghindari terlalu sering menyentuh wajah.

Saat membersihkan, penting untuk meminimalkan kontak dengan wajah Anda. Ini karena kulit Anda memerlukan waktu untuk pulih dan pulih dari proses pembersihan.

Jika Anda sering menyentuh wajah, hal ini meningkatkan kemungkinan bakteri berkembang biak dan mengganggu proses pembersihan. Terakhir, kebiasaan ini bisa memperparah atau memperpanjang kambuhnya kemerahan akibat pembersihan.

2. Minimalkan rutinitas perawatan kulit Anda

Cara mengatasi kulit kendur yang kedua adalah dengan meminimalkan rutinitas perawatan kulit.

Pembersihan mengharuskan Anda meminimalkan rutinitas perawatan kulit Anda. Selain terus menggunakan produk perawatan kulit baru yang Anda coba, jangan lupa untuk fokus pada perawatan kulit dasar (pembersih, pelembab, dan tabir surya) saat membersihkan.

Hindari produk perawatan kulit yang berisiko mengiritasi kulit, seperti toner dan serum yang mengandung bahan aktif, sebelum kulit Anda pulih sepenuhnya dari pembersihan.

3. Bersihkan wajah dengan benar

Cara mengatasi kulit bersih yang ketiga adalah dengan membersihkan wajah dengan benar.

Penting untuk membersihkan wajah di pagi dan sore hari untuk menghilangkan kotoran, sisa riasan, dan sisa perawatan kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat lebih banyak.

Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan menghidrasi serta gunakan secara rutin. Hindari mencuci muka dengan air panas karena dapat menghilangkan kelembapan dan membuat kulit kering.

Kambuhnya rosacea? Ini adalah 5 bahan perawatan kulit teratas untuk menghilangkan rosacea

4. Hindari produk eksfoliasi yang keras

Cara mengatasi eksfoliasi yang keempat adalah dengan menghindari produk eksfoliasi yang keras.

Hindari penggunaan produk eksfoliasi yang keras, terutama scrub, saat membersihkan. Pasalnya, produk eksfoliasi seperti ini menimbulkan robekan mikro yang berbahaya pada permukaan kulit dan dapat mengiritasi jerawat yang sudah ada.

Namun, bukan berarti Anda harus menghindari eksfoliasi sama sekali. Yang terbaik adalah melakukan eksfoliasi setidaknya 1-2 kali seminggu dengan pengelupasan kimia ringan. Pengelupasan kimiawi yang lembut membantu membersihkan kulit secara mendalam, membuka pori-pori yang tersumbat, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah munculnya jerawat dan komedo.

5. Gunakan tabir surya

Cara mengatasi pembersihan kulit yang kelima adalah dengan menggunakan tabir surya.

Ingatlah selalu untuk menghindari paparan sinar matahari dalam waktu lama karena dapat memperburuk kondisi lapangan. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari, terutama saat harus beraktivitas di luar ruangan.

Pilih tabir surya ringan dengan setidaknya SPF30 dan aplikasikan kembali setiap 2 jam. Ini membantu melindungi pelindung kulit Anda dari radikal bebas dan kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, ini melindungi terhadap tekanan lingkungan yang dapat memperburuk proses pembersihan.

Itulah 5 cara mengatasi pembersihan kulit yang benar. Selama masa pembersihan, Anda harus memperhatikan kulit Anda. Jika jerawat atau kemerahan masih berlanjut, terasa nyeri, atau semakin parah, sebaiknya hentikan penggunaan produk perawatan kulit baru yang Anda coba dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *