jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Sebaiknya, Anda tidak memijat langsung bagian kaki yang terkilir, namun mengompresnya dengan air dingin

Tangerang (JurnalPagi) – Masyarakat yang mengalami keseleo pada kaki diimbau tidak langsung dipijat, melainkan dikompres dengan es karena ototnya mengalami peradangan.

Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi di Tangerang, Banten, dr Andi Praja Wira Yudha Lutfi, mengatakan, Rabu, “Kami menyarankan untuk tidak memijat secara langsung, melainkan mengompres dengan air dingin pada bagian kaki yang terkilir.

Kompresi menggunakan es untuk menyempitkan pembuluh darah yang robek, katanya. Setelah selesai, balut kaki yang terkilir dan angkat, yaitu angkat kaki.

Lanjutnya, setelah selesai proses kompresi dan pembalut, pasien disarankan untuk melakukan elevasi, yaitu dengan bantuan bantal atau penyangga lainnya, letakkan kaki lebih tinggi dari jantung agar darah tidak menumpuk di bagian bawah. dari kaki. kata andi.

Dokter: Memijat Bagian Tubuh yang Terkilir Harus Lebih Hati-hati

Ia menambahkan: Cedera pergelangan kaki memiliki beberapa gejala yang menimbulkan nyeri ringan dan hilang dalam beberapa menit hingga beberapa jam. Namun penyakit lain dapat menyebabkan rasa sakit parah yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk sembuh.

Jenis cedera pergelangan kaki yang paling umum di masyarakat adalah keseleo, yang disebabkan oleh rotasi kaki ke dalam secara tiba-tiba atau tidak disengaja yang meregangkan atau merobek satu atau lebih ligamen, yaitu struktur yang menghubungkan tulang ke tulang.

Tendonitis adalah peradangan pada jaringan tendon yang disebabkan oleh penggunaan pergelangan kaki secara berlebihan, biasanya saat berolahraga atau berjalan dalam jangka waktu lama tanpa istirahat. Patah tulang terjadi pada tulang atau sendi di sekitar pergelangan kaki, biasanya disebabkan oleh pukulan keras.

“Jadi ada Fraktur stres Katanya: Retakan kecil pada tulang disebabkan oleh gerakan berulang-ulang dan penggunaan kaki yang berlebihan, seperti melompat-lompat berulang kali atau berlari dalam waktu lama.

Nyeri Sendi Bisa Dikurangi dengan Pekerjaan Ini

Andy menambahkan, pemilihan sepatu yang tepat juga menjadi faktor penting dalam mencegah cedera pergelangan kaki. Selain itu, bagi yang melakukan jogging disarankan untuk memperhatikan teknik berlari seperti posisi kaki, lutut, dan pinggul.

Beliau bersabda: “Usahakan gunakan bagian tengah kaki saat berlari, bukan bagian depan atau belakang, karena bahayanya besar kecuali bagi para atlet.”

Ia pun memastikan cedera engkel bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari hingga minggu jika luka tersebut dirawat dengan baik. Namun, jika pengobatan rumahan tidak berhasil, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dokter ortopedi dapat menegakkan diagnosis melalui pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan rontgen atau MRI untuk mengetahui lebih lanjut kondisi cedera pergelangan kaki tersebut, ujarnya.

Perawatan yang diberikan akan disesuaikan dengan jenis dan tingkat keparahan cedera pada pergelangan kaki. Untuk beberapa kasus, seperti patah tulang atau robekan tendon, Anda mungkin perlu memakai gips, alat bantu jalan, atau bahkan berjalan kaki. operasi,” katanya.

Pijat hanya dianjurkan untuk mengobati nyeri

Koresponden : Achmed Irfan
Editor: Risbani Fardanieh
Hak Cipta © JurnalPagi 2024