jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Merawat kulit bayi yang masih sangat sensitif sebenarnya sulit dan mudah. Bayi baru lahir memerlukan perawatan yang optimal karena sangat sensitif terhadap pengaruh lingkungan dan bahan kimia pada produk perawatan kulit. Oleh karena itu, orang tua harus lebih memperhatikan perawatan kesehatan kulit bayinya.

Dokter mengatakan ini. Olga Vicetria Putrie Purba, Sp.A, dokter spesialis anak dan konsultan laktasi yang berpraktik di Mayapada Hospital Bandung pada acara “Momfluencer Gathering” yang diselenggarakan Babydee di Bandung, Selasa (27/2/2024).

Menurutnya, kulit bayi lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa, yakni hanya sekitar 1 hingga 2 mm atau hanya 40 hingga 60% dari ketebalan kulit orang dewasa. Kulit semua bayi sensitif sehingga mudah teriritasi. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih rapuh.

Kulit bayi biasanya kering karena jumlah penguapan air pada kulitnya tinggi. Ikatan antara lapisan kulit atas (epidermis) dan lapisan bawah (dermis) belum kuat sehingga fungsi kulit sebagai pelindung tubuh belum maksimal, kata dr Olga.

Jika orang tua melakukan kesalahan pada kulit bayinya, maka beberapa penyakit kulit yang sering dialami bayi, seperti dermatitis atopik, miliaria, atau ruam popok, sering terjadi, kata dr Olga.

Irma Jabar Gandeng Uninus Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Program Peningkatan Pelatihan di Perguruan Tinggi.

Pada kasus ruam dini pada bayi, ada cara mengganti popok atau popok secara rutin dan paling banyak setiap 4 jam sekali. Lalu keringkan area popok bayi dengan handuk atau kain yang kering dan lembut.

“Kemudian juga bisa mengoleskan pelembap atau krim popok pada area popok bayi,” jelasnya.

Sektor jasa keuangan yang kuat dan stabil untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Kemudian dr Olga juga memberikan beberapa cara dan tips merawat kulit bayi dengan cara membersihkan kulit bayi secara lembut, menggunakan pelembab, melindungi kulit bayi dari sinar matahari, mencegah dan mengatasi permasalahan kulit yang terjadi pada anak, kemudian memperhatikan pola makan. , status hidrasi dan suhu lingkungan

Dari semua itu, ada satu hal yang perlu diwaspadai dalam perawatan kulit bayi, yaitu mengandung produk berbahaya yang harus dihindari, terutama untuk produk perawatan kulit bayi dan bayi yaitu SLS/ SLES dan alkohol. dia menjelaskan.