jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Shunsuke Nakamura, salah satu legenda sepak bola Asia, baru saja memutuskan pensiun dari sepak bola pada akhir musim 2022 usai membela Yokohama di Meiji Yasuda J2 League.

Ada banyak cerita dalam karir sepak bola Shunsuke Nakamura yang lahir pada 24 Juni 1978 di Yokohama, dimulai dari pertandingan pertamanya, bepergian ke Eropa dan kemudian menjadi legenda Asia.

Menurut J.League, Sabtu, Shunsuke Nakamura mulai bermain sepak bola pada usia lima tahun pada tahun 1983 dan pada usia 12 tahun pada tahun 1991, Nakamura bergabung dengan tim yunior Nissan Motors FC, klub yang sekarang dikenal sebagai Yokohama F. Marinos. menjadi

Nakamura melakukan debut profesionalnya pada 8 Maret 1997 di Piala J-League melawan Verdi Kawasaki, sekarang dikenal sebagai Tokyo Verdi, dan melakukan debutnya di Liga J1 pada 16 Maret 1997. Melakukannya melawan Gamba Osaka.

Daya tarik bintang Shunsuke Nakamura benar-benar terlihat di musim 2000. Dari 32 penampilan di Liga J1, Nakamura mencatatkan lima gol dan 11 assist saat Marinos finis sebagai runner up Liga J1 musim itu. Dia juga bernama J1 MVP pada tahun 2000.

Selain itu, Nakamura melakukan debutnya untuk tim nasional Jepang tahun itu dan dikeluarkan dari lapangan oleh pelatih Philippe Trossier di Kualifikasi Piala Asia AFC 2000 melawan Singapura pada 13 Februari 2000. mengalahkan Arab Saudi di final dan menjadi tim terbaik turnamen.

Namun yang mengejutkan, Nakamura tidak dibawa ke Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea Selatan dan Jepang. Nakamura merasa dia harus pergi ke Eropa untuk bergabung dengan tim promosi Serie A Regina.

Nakamura menghabiskan delapan tahun di Eropa membela Regina di liga Italia, Celtic di liga Skotlandia dan Espanyol di liga Spanyol, dan membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain Asia paling flamboyan di dunia.

Prestasi Terbaik Pemain J League Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Nakamura memimpin timnas Jepang kembali menjuarai Piala Asia 2004 dengan mengalahkan China di Liga Inggris. Dia bahkan dinobatkan sebagai MVP turnamen.

Setelah delapan belas tahun di Eropa, Nakamura memutuskan untuk kembali ke J-League dan dikontrak ulang ke Yokohama F. pada awal 2010. Marinus bergabung. Dia melakukan ini untuk mendapatkan menit bermain dan diundang oleh pelatih Takeshi Okada untuk Piala Dunia 2010.

Nakamura pernah bermain sekali di ajang yang digelar di Afrika Selatan itu, dan memutuskan pensiun dari timnas Jepang usai Piala Dunia 2010. Total, Nakamura bermain 98 kali untuk timnas Jepang dan mencetak 24 gol.

Di level klub, Nakamura bermain 32 kali di Liga J1 musim itu, mencetak 5 gol, menjadi salah satu andalan Marinos meski sudah berusia 32 tahun.

Di usianya yang ke-35, Nakamura kembali bersinar. Dia menjadi kapten tim, bermain 33 kali, mencetak 10 gol dan memberikan 6 assist, memimpin Marinos menjadi runner-up liga J1.

Nakamura dinobatkan sebagai MVP, alias MVP, mengulangi prestasinya pada tahun 2000 dan kini menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan gelar MVP Liga J1 dua kali selama karirnya. Saat itu, ia juga menjadi pemain tertua yang meraih gelar MVP J1 League.

Dia bertahan di Yokohama F. Marinos hingga akhir musim 2016, membuat total 408 penampilan di semua kompetisi, mencetak 82 gol dan 58 assist. Pada 2017, Nakamura memutuskan pindah ke klub Liga J1 lainnya, Jubilo Iwata.

Nakamura bermain untuk Jubilo Iwata selama dua setengah musim hingga musim panas 2019, membuat total 52 penampilan di semua kompetisi, mencetak lima gol dan memberikan 12 assist. Pertengahan musim 2019, Nakamura bergabung Yokohama FC di Liga J2, dijuluki liga lapis kedua Jepang.

Nakamura tetap bersama Yokohama FC hingga akhir karirnya sebelum memutuskan pensiun pada akhir musim 2022. Di musim terakhirnya, Nakamura bermain 6 kali di Liga J2, membantu Yokohama FC memenangkan kejuaraan dan promosi ke papan atas. Liga Jepang

Musim 2022 akan menjadi musim terakhirnya sebagai pesepakbola profesional dan dia kini telah memutuskan untuk memulai karir kepelatihannya sebagai anggota staf kepelatihan di Yokohama FC.

10 Rekor Pemain J League di Piala Dunia 2022
Penyerang Nagoya Yakub Swirzuk diskors empat tahun karena doping.


Koresponden: Bayu Kuncahyo