jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta – Industri kosmetik di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. BPOM RI mencatat industri kosmetik mengalami peningkatan jumlah perusahaan sebesar 20,6%. Dari 819 industri kosmetik, kini meningkat menjadi 913 industri sejak 2021 hingga Juli 2022.

Peningkatan jumlah pelaku usaha di industri kosmetik didominasi oleh sektor UMKM yang mencapai 83 persen. Dengan kata lain, potensi bisnis kosmetik dan produk kecantikan menjadi tren baru di kalangan pelaku bisnis.

Selain itu, minat wanita untuk menjaga kesehatan kulit wajah untuk menunjang penampilan mendorong para pelaku usaha untuk ikut terjun dalam perawatan kulit. Salah satunya dilakukan oleh Vivi Ratu Andaresta. Wanita asal Bandung ini mulai serius menekuni industri kecantikan setelah menyadari bahwa kualitas skin care lokal tidak kalah dan memiliki kemampuan bersaing dengan produk produksi luar negeri.

“Secara umum kandungan dalam produk skin care disesuaikan dengan kulit orang Indonesia, sehingga lebih aman dan bisa mendapatkan sertifikat BPOM,” ujarnya.

Vivi telah mengikuti seluk beluk perawatan kulit sejak masa sekolah kejuruannya. Bahan-bahan dalam produk perawatan kulit semakin menggugah minatnya untuk belajar lebih jauh tentang kimia, khususnya zat organik dan anorganik.

Hingga akhirnya pada tahun 2017, Vivi Ratu Andaresta Azloe Official meluncurkan brand skin care lokal bersertifikasi BPOM asal Bandung. Tujuannya sederhana, untuk membantu Azelo bersaudara (sebagai pengguna Azelo) menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Setiap tahunnya, Vivi terus mengembangkan dan menambah produk baru yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Pada tahun 2021, Azello berhasil mewujudkan kemasan visual yang diinginkan melalui proses rebranding. Visual tersebut disesuaikan dengan segmen pasar Azello, yaitu remaja di usia dewasa awal (16-25 tahun), dimana para suster Azello diharapkan lebih nyaman membicarakan masalah kulitnya.

“Sebagai seorang founder yang menggunakan produknya dari sekolah hingga kuliah, saya ingin mengajak banyak orang untuk mencapai ‘bloom moment’ versi mereka sendiri dengan menggunakan produk yang aman dan cocok untuk kulit mereka. Oleh karena itu, kulit Azello bersaudara di Menghabiskan hari akan lebih sehat dan aman.”

Desember 2022, Azeloe kembali berinovasi dengan meluncurkan produk baru bernama Sunshine Drop Hybrid Tinted Screen UV. Tabir surya berwarna hybrid dengan SPF 45 dan PA+++ ini mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, menghidrasi kulit agar tampak bercahaya, dan juga sebagai dasar riasan.

“Kebanyakan remaja suka pakai foundation dan cushion karena kurang percaya diri dengan bekas jerawat. Jika Anda menggunakannya setiap hari, itu dapat menyebabkan jerawat. Untuk itu, Azello menciptakan tabir surya berwarna yang sudah dilapisi. Oleh karena itu, warna kulit terlihat lebih merata dan jerawat merah pun tertutup.

Selain itu, Vivi juga menjelaskan mengenai Sunshine Drop Hybrid Tinted UV Screen SPF 45 PA+++ yang lolos uji In Vivo pada kulit Indonesia. Metode uji ini digunakan untuk mengukur efektivitas tabir surya SPF yang diaplikasikan langsung pada kulit manusia.

Dari uji In Vivo, kami mengetahui efektivitas kinerja tabir surya pada kulit manusia. Oleh karena itu, pengguna Sunshine Drop Hybrid Tinted UV Screen SPF 45 PA+++ merasa aman saat ingin beraktivitas di luar ruangan. ***