jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Guru Besar Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. dokter. Ir. Ali Khamsan, MS menyatakan buah durian merupakan makanan nabati yang tidak mengandung kolesterol.

Durian tidak mengandung kolesterol karena durian merupakan makanan nabati. “Yang mengandung kolesterol adalah makanan hewani,” kata sang profesor. Ali melalui pesan singkat yang diterima JurnalPagi di Jakarta, Senin.

Ali mengatakan durian sama dengan buah-buahan lainnya dan merupakan salah satu jenis makanan vegetarian. Buah dengan nama ilmiah Durio ini selain rasanya yang enak ternyata kaya akan lemak sehingga mampu memberikan energi yang cukup besar untuk asupan makanan sehari-hari.

Meski demikian, Ali menekankan agar berhati-hati dalam mengonsumsi buah durian, terutama bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Dokter: Durian dan Nanas Tidak Ada Hubungannya dengan Kontraksi Kehamilan

Benarkah Durian Mengandung Kolesterol?

Ia mencatat, durian merupakan makanan nabati yang kandungan lemaknya relatif tinggi, sehingga orang yang kelebihan berat badan sebaiknya tidak banyak mengonsumsi durian.

Selain itu, penderita asam urat juga harus berpikir dua kali jika ingin mengonsumsi buah berduri ini karena dalam durian terdapat zat seperti alkohol yang dapat membuat asam urat lebih mudah kambuh.

Durian merupakan buah tropis dengan cita rasa yang khas sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun karena baunya yang menyengat, sebagian orang juga cenderung menghindari buah ini.

Menurut ahli gizi lulusan Universitas Indonesia, Dr. Luciana Sutanto MS, Sp.GK melalui pesan singkat yang diterima, Senin, mengatakan dengan mengonsumsi durian Anda bisa mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan gula yang sama dengan mengonsumsi buah-buahan lainnya.

Saat mengonsumsi durian, Luciana menyarankan untuk menyesuaikan porsinya dengan selera, misalnya 1/6 piring makan atau 1/2 dari jumlah sayur yang dimakan.

Menjelang awal tahun 2024, buah durian dengan harga dan kualitas berbeda-beda banyak ditemui di pinggir jalan. Di Asia Tenggara, buah durian sering disantap sebagai makanan penutup. Menurut laman ayosehat.kemenkes.go.id, buah durian banyak mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, potasium, dan kandungan triptofan, senyawa amino yang tinggi.

7 manfaat durian untuk kesehatan

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024