Inilah gejala kanker prostat yang patut Anda waspadai

Jakarta (JurnalPagi) – Konsultan urologi dari Rumah Sakit SL Raheja Mumbai, India, dr Anand Utture menjelaskan gejala kanker prostat yang harus diwaspadai.

Jika kelenjar prostat membesar dapat menimbulkan beberapa gejala, antara lain ingin buang air kecil, nokturia (bangun lebih dari dua kali semalam untuk buang air kecil, aliran urin buruk, kesulitan buang air kecil, dan buang air kecil tidak tuntas).

Menurut American Cancer Society, satu dari delapan pria berpotensi terkena kanker prostat.

Ahli Urologi Anjurkan Mendiagnosis Kanker Prostat di Usia 50 Tahun

Cara Mencegah Kanker Prostat dan Manfaat Sarapan Kaya Protein

Menurut Anand, ketika seseorang mencapai usia 65 tahun, risiko terkena kanker prostat meningkat. Namun kanker agresif ini juga dapat menyerang kelompok usia yang lebih muda.

Gejala kanker prostat antara lain adanya darah pada urin dan air mani, nyeri pada panggul, punggung, dada, atau tulang lainnya, serta terkadang mengalami disfungsi ereksi, jelas Anand.

“Jika kelenjar prostat membesar dan memberikan tekanan pada rektum, seseorang bisa merasakan sembelit,” tambah Anand.

Selain itu, penderita kanker prostat juga mudah lelah, berat badan turun, dan nafsu makan berkurang.

Kanker prostat lebih mungkin terjadi jika anggota keluarga inti seperti ayah atau kakak laki-laki/perempuan memiliki riwayat penyakit tersebut, kata Anand.

Dia menekankan pentingnya diagnosis dini. Oleh karena itu, jika Anda merasakan gejala tersebut, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter urologi.

Jika kanker prostat terdeteksi sebelum menyebar ke bagian tubuh lain, lebih dari 97 persen pasien akan hidup lebih dari lima tahun, kata Anand.

“Jadi, meski prostat adalah kelenjar kecil, deteksi dini dan pengobatan kanker prostat bisa sangat membantu dalam menjaga gaya hidup sehat,” kata Anand.

Pakar Bantah Mitos Biopsi Kanker Prostat Bikin Penyakit Makin Parah

Ketahui Gejala Kanker Prostat Sedini Mungkin

Penerjemah: Farhan Arda Nograha
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *