Ini adalah jenis makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali

Jakarta (JurnalPagi) – Koki selebriti Martin Natadipraja mengatakan beberapa makanan tersebut sebaiknya tidak dipanaskan kembali dan sebaiknya selalu dikonsumsi dalam keadaan segar.

“Sayur macam-macam, karena menurut saya sayur sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar, dalam artian tidak perlu menginap, harus habis,” kata Martin dalam wawancara Beat Diabetes dengan Tropicana Slim di Jakarta. Sabtu.

Katanya: Segala jenis sayuran hijau seperti kangkung, sawi, bok choy atau kari daun singkong sebaiknya habis dalam sehari dan tidak disarankan untuk dipanaskan kembali. Jika ingin menyantap kari daun singkong, Martin menyarankan untuk memisahkan kari dan daun singkong dan tidak memanaskannya bersamaan.

Tips makanan anti inflamasi kulit yang bisa Anda buat di rumah

Tips membagi waktu makan untuk mencegah diabetes

Selain sayuran, Martin juga mengatakan, protein yang terdapat pada daging, seperti ikan, sebaiknya tidak sering dipanaskan.

Namun untuk makanan yang mengandung santan seperti teh masih ada toleransi dua sampai tiga hari dan boleh dihangatkan kembali, namun disarankan tidak lebih dari seminggu.

Katanya: Kalau pakai, saran saya karena mengandung santan, paling lama dua sampai tiga hari habisnya, jangan sampai seminggu.

Dijelaskannya, jika makanan dipanaskan berkali-kali maka terjadi perubahan suhu, dari dingin ke panas naik turun. Makanan dingin yang sering dihangatkan kembali juga dapat merusak cita rasa makanan, kecuali rendang karena sudah ada proses karamelisasi.

Perubahan suhu ini dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri aktif dan makanan menjadi cepat basi. Jika makanan mengandung santan, usahakan untuk mendinginkannya dan memanaskannya kembali hanya satu atau dua kali.

Pemanasan makanan secara berulang-ulang juga dapat mempengaruhi kesehatan akibat bakteri yang tumbuh pada makanan tersebut.

Sementara itu, untuk kue, Martin menyarankan sebaiknya disimpan di suhu ruangan selama satu hingga tiga bulan, meski tanggal kadaluarsanya masih lebih lama.

10 Resep Makanan Sehat yang Cocok Disantap Saat Fajar

Empat Tips Meningkatkan Kolesterol Baik dalam Tubuh

Tips Memasak Daging Panggang ala Korea dan Mengatur Level Memasaknya

Koresponden: Fitrah Asy’ari

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *