Indonesia sedang menjajaki kerja sama transformasi digital dengan Estonia

Jakarta (JurnalPagi) – Pemerintah Indonesia yang diwakili Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria menjajaki kerja sama dengan Estonia dalam bentuk kerja sama percepatan transformasi digital nasional.

Kerja sama ini tercipta karena Indonesia yakin Estonia dapat menjadi negara yang dapat dijadikan benchmark untuk mendukung optimalisasi transformasi digital.

“Estonia menyambut sangat positif terbukanya peluang kerja sama dengan Indonesia dalam pengembangan sejumlah program yang dapat membantu percepatan transformasi digital,” kata Nezar dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika bertemu dengan duta digital Kementerian Luar Negeri Estonia Nele Leosek untuk membahas kerja sama di Bredo Congress Center, Slovenia, Selasa (2/6) waktu setempat.

Estonia Tertarik Kembangkan Data Digital di Indonesia

Kementerian PAN-RB Berbagi Pengalaman SPBE pada Konferensi di Estonia

Nezar Patria menjelaskan Estonia lebih unggul karena berhasil mendigitalkan layanan publiknya bahkan sebelum proses digitalisasi dimulai.

Ia juga mengakui bahwa Estonia termasuk negara dengan sistem pemerintahan digital terbaik di dunia.

Berkaca dari capaian Estonia dalam transformasi digital, Indonesia tertarik membuka peluang kerja sama dengan negara tersebut.

Setelah dilanjutkan dalam pembicaraan bilateral, tampaknya perwakilan Estonia menyambut positif ajakan kerja sama tersebut.

“Kami mencoba bertukar pikiran, terutama karena Indonesia sedang melalui proses transformasi yang sama untuk berkreasi pemerintahan elektronik. Kita tahu, Keputusan Presiden (Perpres tentang Transformasi Digital) sudah keluar dan itu juga terkait dengan sistem pemerintahan elektronik.pemerintahan elektronikujar Nizar.

Singkatnya tentang Estonia, ini adalah salah satu negara Eropa dengan jumlah penduduk kurang dari dua juta orang.

Sebelum semester Masyarakat 5.0 Negara yang dikenal dunia ini sudah dua dekade menerapkan transformasi digital.

Estonia akhirnya diakui sebagai negara digital karena sudah menerapkannya Pemerintahan elektronik Sejak tahun 1997

Inisiatif ini masih terus berkembang dan program lain yang berbasis teknologi digital serupa E-Pajak, X-Road, I-Voting, ID Digitaldan elektronikkesehatan.

Ini adalah salah satu karya paling terkenal di Estonia Tempat tinggal elektronik yang diperkenalkan pada tahun 2014.

Program ini diperkenalkan untuk membuka peluang bagi penduduk dunia dari negara mana pun untuk bertempat tinggal di Estonia. Menyadari predikatnya sebagai negeri digital pada tahun 2024, Estonia telah menjadi rumah bagi lebih dari 200 orang. Startup Digital

Pemerintah menjajaki penerapan AI berisiko rendah dengan Tiongkok

Wamenkominfo: Pelajar harus punya kemampuan dasar digital

Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *