jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Timnas Indonesia untuk sementara memuncaki Grup A Piala AFF 2022 dengan mengalahkan Brunei Darussalam 7-0 pada laga yang digelar di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin.

Kemenangan ini membuat Indonesia mendulang 6 poin dari dua pertandingan (selisih gol + 8). Perolehan poin dan selisih gol tersebut lebih baik dibandingkan peringkat kedua hingga kelima yang berturut-turut diisi oleh Thailand (tiga poin, selisih gol +5), Filipina (tiga poin, +3), Kamboja (tiga poin, +3) dan Brunei.is. Dar es Salaam (nol poin, -16).

Tujuh gol untuk Indonesia dicetak oleh Siahrian Abimanyu, Dandi Sulistiavan, Iggy Molana, Ilia Spasovic, Ramdan Sananta, Mark Klock dan Yacoub Sayori.

Indonesia unggul dua gol atas Brunei Darussalam di babak pertama

Pada laga itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong pada Jumat (23/12) menyesuaikan susunan pemain dibandingkan dengan Kamboja, kecuali Iggy Molana dan Nadeo Argavinata.

Shane meninggalkan nama-nama seperti Jordi Amat, Fachereddin Arianto, Vitan Suleiman dan Mark Klock, serta menurunkan pemain seperti Siahrian Abimanio, Rachmet Arianto, Rizki Rido, Hansamo Yama dan Sedil Ramdani ke lapangan.

Namun, Indonesia yang dipimpin oleh Aggie Maulana dan Sedil Ramdani di sayap mendominasi penguasaan bola dan melakukan beberapa percobaan, meski terkadang gagal mencapai target.

Anak asuh Shin Tae-yung akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-20 lewat tembakan Siahrian Abimanyu yang sebelumnya mendapat “tiang” dari Ilia Spasovevich.

Pada menit ke-38, Brunei Darussalam harus bermain dengan 10 orang karena Alinor Geoffrey mendapat kartu kuning kedua.

Indonesia memanfaatkan situasi tersebut dengan baik dan menggandakan keunggulan pada menit ke-41 melalui tembakan Dandi Solistavan memanfaatkan rebound Sedil Ramdani.

Dubes Hermono Bangga dengan Antusiasme Masyarakat Dukung Timnas.

Setelah itu, kedua tim tidak bisa mencetak gol tambahan. Indonesia memimpin 2-0 memasuki jeda.

Usai turun minum, Indonesia tampil lebih agresif. Lima menit memasuki babak kedua, Egy Maulana memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 3-0 melalui gol bunuh dirinya, menyundul umpan silang Moh Edo Febriansah.

Semenit kemudian, giliran Ilija Spasovic yang mencatatkan namanya di papan skor dengan gol tumitnya.

Saat unggul empat gol, Sheen memiliki Vittan Suleiman, Yacoub Sayori, dan Ramzan Sananta. Strategi itu terbayar setelah Ramzan Sananta mencetak gol kelima Indonesia, yang pertama untuk Garuda, menyelesaikan umpan dari Yakub Sayori.

Di penghujung pertandingan, Indonesia menambah perbendaharaan gol dengan memanfaatkan Mark Klock (menit ke-86, dibantu oleh Yakub Sayuri) dan Yakub Sayuri (menit 90+2, dibantu oleh Mo Edo).

Indonesia pun mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak 7 gol tak terbalas.

Menyaksikan pertandingan Indonesia dan Brunei menjadi ajang berkumpulnya masyarakat Indonesia
Mark Klock Janji Beri Kemenangan Timnas Sebagai Hadiah Natal

Pengkhotbah: Michael Sihan