Indonesia dan Lithuania membahas peluang kerja sama di bidang kecerdasan buatan

Jakarta (JurnalPagi) – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mewakili Indonesia bertemu dengan Vigintas Gasparvičius, Wakil Menteri Kebudayaan Lithuania, untuk membahas peluang kerja sama di bidang kecerdasan buatan atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan (AI).

“Kami mengadakan pertemuan bilateral dengan Lithuania atas permintaan mereka. (Wakil Menteri Kebudayaan Lituania) menyampaikan bahwa mereka tertarik bekerja sama dengan Indonesia karena melihat Indonesia sangat strategis, apalagi posisi Indonesia di Asia Tenggara sebagai negara terbesar dengan jumlah penduduk 280 juta jiwa. , kata Nizar dalam siaran pers yang diterima, Rabu.

Pertemuan negara-negara yang membahas peluang kerja sama di bidang teknologi, khususnya kecerdasan buatan, diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara UNESCO World Forum on the Ethics of Artificial Intelligence di Pusat Kongres di Bredo, Slovenia.

Pemerintah menjajaki penerapan AI berisiko rendah dengan Tiongkok

Wamenkominfo tekankan pentingnya berpikir kritis dalam menghadapi trik kecerdasan buatan

Forum tersebut juga membuka peluang kerja sama antara Indonesia dan negara maju seperti Uni Eropa.

Lebih lanjut Wakil Menteri Nizar mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara anggota ASEAN mempunyai nilai strategis untuk kerja sama pengembangan kecerdasan buatan.

“Jadi bagi Lithuania, ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk bekerja sama secara setara dengan Indonesia dalam bidang pengembangan teknologi kecerdasan buatan,” ujarnya.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Nizar menyampaikan bahwa Lithuania tertarik untuk menjalin kerja sama lebih lanjut di bidang kesehatan dan pertahanan dalam pengembangan kecerdasan buatan.

Nezar Patria mengapresiasi Lithuania yang telah berbagi pengalamannya dalam pengembangan AI dengan ASEAN yang masih dalam tahap pengembangan untuk mengadopsi AI.

Tak hanya itu, Nezar mengatakan Indonesia bisa belajar banyak dari transformasi digital yang dilakukan Lithuania.

Sebagai negara kecil dengan jumlah penduduk sekitar dua juta jiwa, Lituania menghadapi berbagai tantangan dinamis dalam menerapkan digitalisasi.

“Jadi mari kita coba mendapatkannya Praktik terbaik Pada saat yang sama, Anda mempelajari penyebab kegagalan ini. Pada akhirnya beliau mengatakan, Oleh karena itu, jika kita menerapkannya di Indonesia, kita tidak akan mengulangi kegagalan yang sama.

Wamenkominfo Dorong Kolaborasi Ekosistem AI

Wamenkominfo Bacakan Pedoman AI untuk Pengelolaan AI yang Lebih Baik

Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *