Indonesia dan Finlandia membahas kerja sama infrastruktur digital

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi mewakili pemerintah Indonesia mengunjungi Finlandia atas nama Menteri Kerjasama Ekonomi Finlandia, Will Rydman, untuk membahas kerja sama infrastruktur digital.

“Melihat kekuatan dan potensi pertumbuhan kedua negara, saya yakin kita dapat mendorong pertukaran pengetahuan, peningkatan kapasitas, penelitian dan pengembangan serta berbagi praktik terbaik, khususnya di bidang infrastruktur digital,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi. Usai pertemuan tersebut, Ari Setiadi digelar pada Selasa di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat.

Menurut Budi, saat ini Indonesia menjadi salah satu negara yang aktif dalam mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional.

Dijelaskannya, Indonesia aktif mendukung terciptanya inovasi digital melalui kolaborasi sehingga terjadi transformasi digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika siapkan infrastruktur untuk percepatan transformasi digital

Semangat tersebut juga tertuang dalam Visi Digital Indonesia 2045 yang juga dibahas pada pertemuan Finlandia-Indonesia.

Ia menyatakan, Indonesia berupaya mewujudkan visi emas Indonesia 2045 dengan pertumbuhan ekonomi dan keberagaman penduduknya untuk menjadi negara kelima dengan perekonomian terkuat di dunia.

“Kami baru saja meluncurkan Visi Indonesia Digital 2045 sebagai upaya mendukung terwujudnya Visi Emas Indonesia 2045,” ujarnya.

Tak hanya soal pembangunan infrastruktur digital di Indonesia, Menkominfo pada pertemuan tersebut juga mengapresiasi Finlandia yang terkenal dengan kemajuan dan inovasi teknologinya, serta infrastruktur teknologinya yang kuat, dan telah lama menjadi pemimpin global dalam bidang teknologi. TIK. bagian

Budi Ari Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika, Meera Taybeh, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Vian Toni Soprianto, Direktur Jenderal Pos dan Informatika, dan Samuel A. Pangrapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, turut mendampingi.

Sementara itu, Menteri Kerja Sama Ekonomi Finlandia Will Rydman didampingi Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Pekka Kaihilhetti.

Pusat Manufaktur China Akan Meningkatkan Infrastruktur Digital

Menkominfo berharap Mestel terus membantu perkembangan sektor telematika.

Jokowi: Pemborosan belanja infrastruktur digital sebaiknya dihindari

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *