jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Survei yang dilakukan Kadence International menunjukkan bahwa iklan di platform belanja online bukan lagi satu-satunya penentu kepuasan pelanggan.

“Pengguna platform e-commerce semakin berhati-hati dalam memilih layanan yang mereka gunakan,” kata Adhistya Febriani, Director of Youth Research Kadence International, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Seiring dengan berkembangnya platform belanja online di Indonesia, periklanan menjadi salah satu strategi untuk menarik pengguna. Agensi menemukan bahwa taktik periklanan tidak berdampak besar pada kepuasan dan loyalitas pengguna.

Kepuasan pengguna dianggap dapat menciptakan efek jangka panjang, yaitu menciptakan tingkat kepercayaan dan loyalitas konsumen yang lebih tinggi.

Berdasarkan survei online “Most Trusted E-Commerce” pada 2 hingga 15 November 2022 terhadap 1.200 responden di beberapa kota besar di Indonesia, lembaga tersebut menemukan setidaknya ada tiga hal utama yang dicari pengguna platform belanja online. Keamanan, kualitas dan keaslian produk dan pengiriman.

Ketiga faktor tersebut dapat menentukan tingkat kepuasan berbelanja di platform online.

“Pada akhirnya, sebuah platform e-commerce yang dapat memberikan pengalaman berbelanja yang aman dan berkualitas secara keseluruhan yang memenangkan hati pengguna dan persaingan pasar,” ujar Adhistya.

Belanja online, apalagi sejak pandemi, sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan berbagai pilihan platform belanja online, konsumen mencari platform yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam segala aktivitas belanja online.

Oleh karena itu, Cadence International mempertimbangkan keamanan dalam bertransaksi, jaminan kualitas produk serta kemudahan pembayaran dan pengiriman menjadi perhatian pengguna.

Dalam survei “E-Commerce Paling Tepercaya”, Tokopedia unggul dalam kualitas produk (85 persen), keandalan layanan pengiriman (85 persen), dan keamanan data pengguna (84 persen).

Responden survei mengatakan Tokopedia (88 persen) dan Shopee (82 persen) menawarkan kemudahan dan metode pembayaran yang beragam. Blibli (62 persen) menempati urutan ketiga dalam hal pembayaran, disusul Lazada (60 persen).

Banyaknya komentar tentang suatu produk juga menarik bagi konsumen. Sekitar 86% responden menjawab Shopee sebagai marketplace dengan ulasan pelanggan terbanyak.

Tokopedia juga merupakan marketplace dengan banyak review pembeli, dengan 76% responden menjawab seperti ini. Sedangkan 52% responden menjawab Lazada.

Survei tersebut juga menemukan bahwa 81 persen responden memilih Shopee sebagai platform yang menawarkan promosi belanja paling menarik.

Celios: Diskon besar untuk perusahaan digital harus diatur pemerintah

Amel Carla memiliki lebih dari 99 produk di keranjang belanja online miliknya

Tren belanja online dari ponsel semakin meningkat saat liburan akhir tahun