Hyperlocal Tokopedia dorong pengembangan UMKM perawatan kulit alami dalam “Kindness Project” Bali.

Hyperlocal Tokopedia membantu pelaku bisnis kecantikan dan perawatan tubuh di Bali untuk meluncurkan dan membangun bisnisnya menggunakan teknologi. Sumber foto: Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, Badung – Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia dan bagian dari GoTo Group, terus membantu pelaku usaha di Indonesia menciptakan peluang tanpa batas melalui inisiatif Hyperlocal. Upaya ini sejalan dengan salah satu dari tiga komitmen nol ESG GoTo, yaitu nol hambatan.

Corporate Affairs Director Tokopedia Nouraini Razak mengatakan berbagai efek Hyperlocal seperti KTP (KTP) dan layanan pemenuhan pesanan yang disediakan Tokopedia memberikan berbagai dampak positif di Bali. Daerah seperti Gianyar, Badung, dan Denpasar mengalami peningkatan jumlah penjual melalui KTP tertinggi selama semester I tahun 2023 dibandingkan semester I tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 6 kali lipat.

Nouraini menambahkan, di sisi lain, kehadiran gudang pintar yang disediakan Tokopedia di berbagai daerah, salah satunya di Surabaya, telah membantu para penjual di Indonesia tengah dan timur, termasuk Bali, untuk menjaring lebih banyak pembeli di berbagai wilayah Indonesia. .

Tokopedia Hyperlocal menciptakan tren belanja on line di Bali

Selain membantu UKM lokal meluncurkan dan membangun bisnis, Hyperlocal Tokopedia juga mempercepat dan efisien bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses lebih banyak produk penting.

Hal ini dibuktikan dengan data internal Tokopedia yang menunjukkan kategori produk rumah tangga, fashion, otomotif, olah raga dan hiburan, serta kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan sehari-hari, tambah Nouraini. Bahan makanan (seperti makanan minuman dan perawatan tubuh) sebagai beberapa top seller di Tokopedia, baik secara nasional maupun khusus di Bali, selama semester I tahun 2023.

“Khusus di Bali (data lokal), Lulur muka, scrub kaki Dan Mandi garam “Selama semester I tahun 2023 dibandingkan semester I tahun 2022 dengan rata-rata peningkatan lebih dari 1,5x, beberapa produk perawatan tubuh terlaris ada di Tokopedia,” tambah Nouraini.

Secara umum (informasi nasional), pada kategori produk perawatan tubuh di Tokopedia, Body lotion, kondisioner rambut Dan masker rambut Dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat, menjadi salah satu produk terlaris di semester I tahun 2023 dibandingkan semester I tahun 2022.

‘Proyek Kebaikan’ UMKM Bali memberdayakan petani lokal untuk membangun perawatan kulit Pengalaman

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM Bali, salah satunya Project Gracious.. UMKM asal Bali ini bermula dari hobi meracik sang pemilik Gracia Chandra Minyak esensial dan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan alami yang aman untuk keluarga. Akhirnya Gracia mendirikan bisnis perawatan kulit Rasakan proyek Gracious pada tahun 2020.

“Di masa pandemi banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan perawatan kulit untuk keluarga “Kebetulan saya mempunyai latar belakang sebagai seorang perumus yang bisa membuat formula produk kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terinspirasi untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan-bahan alami, salah satunya sabun alami,” kata Gracia.

Proyek yang bagus
UMKM Bali, Gracious Project, memberikan kesempatan kerja bagi petani lokal di Malang, Bali hingga Lombok Utara dengan mempromosikan produk perawatan kulit alami. Sumber foto: Istimewa

Produk-produk yang dihasilkan oleh Gracia yang awalnya digunakan untuk keluarga, akhirnya berkembang dan semakin hari semakin populer. Tidak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami saja, namun juga mengajarkan masyarakat untuk hidup lebih alami, salah satunya menjual buku resep dan cara membuat produk perawatan tubuh alami, seperti sebatang sabun Dan Minyak esensial

Produk kami menggunakan bahan-bahan alami dan kami mendapatkannya dari petani lokal. The Gracious Project bekerja sama dengan petani lokal yang memproduksi minyak kelapa di Lombok Utara dan petani lokal yang memproduksi minyak marigold di Malang. Ada pula perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap seperti loofah (alat berbahan gambas untuk membersihkan kotoran di kulit), serta kapas yang bisa digunakan kembali, jelas Gracia.

Sejak bergabung dengan Tokopedia, Gracious Project memiliki beragam fitur seperti TopAds, Gratis Ongkir, Penjualan kilatmenghasilkan produk sedang mengemasDan rutin mengikuti kampanye Tokopedia, salah satunya festival belanja bulanan Indonesia Time to Buy (WIB) yang diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.

Berkat Tokopedia, produk Gracious Project dapat tersedia untuk umum, termasuk komunitas pecinta produk. perawatan kulit Alami, seluruh Indonesia.”(tis/bpn)

Dapatkan berita terkini dari Baliportalnews.com di Google News