Hindari rasa cemas yang disebabkan oleh masalah kesehatan orang lain

Jakarta (JurnalPagi) – Orang-orang dengan kecemasan terhadap kesehatan bisa menjadi gelisah dan khawatir ketika mendengar masalah kesehatan orang lain, terutama tokoh masyarakat terkenal seperti Kate Middleton, anggota keluarga kerajaan Inggris.

Menurut siaran tersebut Psikologi hari ini Di hari Minggu, ada orang yang setelah mendengar pemberitaan mengenai gangguan kesehatan yang dialami seorang tokoh masyarakat, tiba-tiba merasakan gejala yang belum pernah mereka alami sebelumnya dan semakin cemas.

Mendengar tentang seseorang yang Anda kenal atau orang terkenal yang sedang sakit atau sedang sekarat dapat menyadarkan sebagian dari diri Anda akan adanya gangguan kesehatan, seperti melihat gejala-gejala yang mungkin saja menimpa Anda.

Ketahui Gejala dan Cara Mengatasi Kecemasan Sosial

Ibu muda yang memiliki anak kecil mungkin merasa cemas setelah mengetahui diagnosis kanker Kate Middleton, karena mereka mungkin mengidentifikasi aspek identitas mereka ini.

Untuk menghindari rasa cemas tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Tegaskan diri Anda jika Anda memiliki kecemasan terhadap kesehatan dengan mengatakan bahwa berita tersebut membuat Anda cemas.
  • pengecekan kenyataan Ingatkan diri Anda bahwa peluang Anda untuk sakit tidak meningkat hanya karena orang lain memiliki diagnosisnya.
  • Jangan terlalu fokus pada gejala tubuh. Semakin Anda fokus pada tubuh, maka semakin banyak emosi yang Anda rasakan, jadi lebih baik alihkan perhatian Anda ke sesuatu di luar diri Anda.
  • Jauhi berita dan media sosial. Jika Anda merasa berita tersebut membuat Anda cemas, berhentilah sejenak.
  • Lakukan sesuatu yang berarti Daripada berfokus pada masalah kesehatan Anda, gunakan waktu Anda untuk menemukan sesuatu yang berarti atau menyenangkan bagi Anda.

Selain itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan yang diperlukan seperti kolonoskopi dan mamografi untuk menghindari kecemasan kesehatan yang berlebihan.

Psikolog: Lari Bisa Turunkan Tingkat Kecemasan
Konsumsi Alkohol Berlebihan Sebabkan Kecemasan

Penerjemah: Pangeran Hanifa
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *