jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Bak superhero, retinol dikenal mampu melawan kerutan, memperbaiki kerusakan kulit, dan mengatasi warna kulit tidak merata. Namun, jika Anda mencampurkan retinol dengan bahan perawatan kulit yang salah, manfaatnya tidak akan Anda dapatkan.

Menggabungkan beberapa bahan dengan retinol dapat mengurangi efektivitasnya dan menimbulkan efek samping seperti iritasi, kemerahan bahkan dehidrasi kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bahan perawatan kulit apa saja yang harus dihindari saat menggunakan retinol.

Berikut beberapa bahan perawatan kulit yang sebaiknya tidak digunakan dengan retinol, seperti dilansir Dalam Gaya.

AHA dan BHA




AHA dan BHA/Foto: produksi pexels.com/SHVETS

Tidak disarankan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA), yang dikenal sebagai eksfolian, bersama dengan retinol. Menggabungkan keduanya dengan retinol dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan mengalami iritasi, menipis, dan terasa kering.

Contoh bahan perawatan kulit yang mengandung AHA antara lain asam glikolat dan asam laktat. Sedangkan bahan perawatan kulit yang mengandung BHA antara lain asam salisilat.


Benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan salah satu bahan perawatan kulit yang tidak boleh dicampur dengan retinol (Bahan Perawatan Kulit/Foto: pexels.com/KoolShooters)

Benzoil peroksida merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi masalah jerawat. Meski efektif mengatasi jerawat, penggunaan produk yang mengandung bahan ini bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan, atau mengelupas.

Nah, jika digunakan dengan retinol, efek samping tersebut bisa meningkat. Oleh karena itu, hindari penggunaan kedua produk perawatan kulit tersebut secara bersamaan. Jika keduanya diperlukan, dianjurkan menggunakan benzoil peroksida di pagi hari dan retinol di malam hari.

Vitamin C

Hindari mengonsumsi vitamin C dan retinol secara bersamaan (vitamin C/foto: pexels.com/SHVETS produksi)

Bahan perawatan kulit lainnya yang tidak boleh dicampur dengan retinol adalah vitamin C. Menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan dapat mengurangi efektivitas keduanya. Hal ini disebabkan adanya perbedaan pH kedua zat yang dapat membuat komposisi lebih stabil.

Jika Anda membutuhkan keduanya, gunakan retinol dan vitamin C pada waktu yang berbeda. Misalnya vitamin C yang digunakan pada pagi hari dan retinol pada malam hari.

Niacinamide

Niacinamide tidak boleh digunakan dengan retinol (Niacinamide/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Niacinamide atau vitamin B3 juga sebaiknya tidak digunakan dengan retinol. Pasalnya, niacinamide dapat menurunkan efektivitas retinol, terutama pada konsentrasi tinggi. Akibatnya, kulit tidak mendapat manfaat maksimal dari penggunaan retinol.

***

Apakah kamu ingin menjadi salah satu pembaca yang bisa mengikuti berbagai event seru di Beautynesia? Ayo bergabung dengan komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Cara mendaftarnya disini!


(dmh/dmh)