Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit untuk penderita eksim?

KOMPAS.com – Jika Anda menderita eksim, Anda mungkin sudah tahu bahwa pelembab adalah kunci untuk mencegah penyakit kulit terulang kembali.

Namun dengan banyaknya produk perawatan kulit yang tersedia, bagaimana Anda tahu mana yang terbaik untuk mengatasi kulit eksim kering dan gatal? Apa yang bisa memperburuk keadaan? Dan selain menggunakan pelembab secara rutin, apa lagi yang bisa kita lakukan untuk merawat kulit kita?

“Beberapa orang mengira perawatan kulit adalah tentang produk dan bahan yang digunakan, padahal itu hanya sebagian saja,” kata dokter kulit Dr. Kathryn Anderson, dikutip dari Cleveland Clinic.

Saat Anda menderita eksim, penting juga untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang membantu menjaga kelembapan dan hidrasi pelindung kulit.

Tips Memilih Pelembab Terbaik untuk Kulit Eksim

Produk untuk kulit rentan terhadap eksim

Produk yang kami gunakan dan cara kami menggunakannya dapat membantu mencegah timbulnya eksim. Selain itu, jika eksim masih muncul meski sudah dicegah, sebaiknya kita juga melakukan pengobatan seperti biasa untuk meminimalkan dampaknya.

Namun, beberapa produk perawatan kulit bisa jadi mahal. Dan siapa yang tahu apakah mereka benar-benar berfungsi?

Reaksi kulit kita terhadap produk dan bahan yang berbeda dapat berbeda dari orang ke orang. Oleh karena itu, saya selalu menyarankan pasien eksim untuk bertanya kepada dokter kulit mengenai produk perawatan kulitnya, saran sang dokter. Anderson

Namun secara umum, beberapa produk dan bahan cenderung membantu mengobati eksim. apa itu?

Deterjen

Saat berbelanja sabun cuci muka, sabun mandi, atau sabun tangan, sebaiknya cari produk yang ringan. Dan pilihlah sabun cair dibandingkan sabun batangan.

“Sabun batangan biasanya mengandung senyawa kimia yang lebih tinggi yang disebut surfaktan, yang sangat bagus dalam menghilangkan kotoran, tetapi juga sangat kuat dalam menghilangkan kelembapan dan minyak dari kulit, yang dapat memperburuk eksim,” jelas dokter. Anderson

Namun, terkadang sulit untuk mengetahui produk mana yang ringan dan apa kandungannya. Jadi, saat memilih sabun pembersih, perhatikan kata-kata seperti:

  • lembut
  • Tidak ada wewangian
  • Kulit sensitif.
  • anti alergi.
  • Tidak ada sabun
  • Pelembab.
  • kulit kering.

Penyebab Eksim Sering Kambuh dan Cara Mengobatinya

Pelembab

Melembabkan merupakan bagian penting dalam perawatan kulit bagi penderita eksim. Dan penggunaan pelembap yang tepat dapat membantu menghidrasi kulit sehingga mencegah rasa gatal dan kering.

Ada banyak produk pelembab yang beredar di pasaran, namun untuk mengatasi eksim sebaiknya kita menggunakan krim atau salep, bukan lotion.

Lotion memiliki kandungan air yang lebih tinggi dan kandungan minyak yang lebih sedikit. Oleh karena itu, produk tersebut biasanya tidak memiliki cukup hidrasi. “Kandungan minyak yang rendah membuatnya tidak mampu mempertahankan kelembapan,” jelas dokter. Anderson

Dibandingkan salep, losion mungkin mengandung lebih banyak bahan pengawet untuk memperpanjang umur simpannya. Pengawet ini dapat menyebabkan kulit yang rentan eksim terbakar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *