jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Guinea menahan imbang juara lima kali Kamerun dengan skor 1-1 dalam pertandingan Grup C Piala Afrika 2024 di Stadion Charles Conan Bani, Yamoussoukro, Pantai Gading, Senin setempat. Selasa pagi WIB.

Mohamed Bayo membuat Guinea unggul melalui golnya pada menit ke-10 dan kapten Francois Kamano dikeluarkan dari lapangan sebelum turun minum. Frank Magri menyamakan kedudukan untuk Kamerun pada menit ke-51, namun mereka tak mampu mencetak gol kemenangan.

Menurut situs resmi Piala Afrika, dengan hasil ini, Kamerun dan Guinea sama-sama mendapat satu poin dan menempati posisi kedua dan ketiga Grup C.

Cameron tidak memasukkan kiper Manchester United Andre Onana dalam skuad 23 pemainnya setelah ia tiba di ibu kota Pantai Gading hanya beberapa jam sebelum kick-off.

Onana menunda kedatangannya agar bisa bermain saat United bermain imbang 2-2 dengan Tottenham Hotspur di Liga Premier pada hari Minggu.

Pelatih Rigobert Sang memilih Fabrice Ondua sebagai penjaga gawang awal sementara dua kiper lainnya, Davies Epasi dan Simon Ngapandunbu, berada di bangku cadangan.

Berikut beberapa fakta dan angka menarik seputar Piala Afrika 2024

Kamerun juga tidak akan diperkuat bintang Piala Afrika 2022 dan pencetak gol terbanyak Vincent Aboubakar, yang absen karena cedera paha.

Guinea tidak diperkuat bintangnya Serhu Girassi yang mengalami cedera lutut. Untuk mengisi absennya Girassi, Bayo menjadi ujung tombak serangan dan mengejutkan timnas di awal pertandingan.

Upaya pertamanya berhasil diselamatkan oleh kiper Ondia, namun Cameron gagal menghalau bola dan saat bola memantul ke Bayou, ia dengan mudah memasukkan bola ke gawang lawan.

Setelah itu, Kamerun mendominasi penguasaan bola, namun tak mampu merepotkan kiper Guinea Ibrahima Kone.

Guinea mendapat pukulan telak di penghujung babak pertama ketika Kamano dikeluarkan dari lapangan setelah kartu kuning Magri diubah menjadi kartu merah oleh wasit Mo’taz Ibrahim. Keputusan tersebut diambil Ibrahim dengan melihat monitor VAR dan melihat tumit Kamano mengenai tumit pemain lawan.

Lima Bintang Sepak Bola Dunia Bakal Percantik Piala Afrika

Cameron meningkatkan tekanan sejak awal babak kedua dan Magri menyamakan kedudukan pada menit ke-51 melalui sundulan Georges Kevin Nkodu.

Kone menyelamatkan Guinea menjelang akhir pertandingan. Ia terlebih dahulu menyelamatkan bola yang mengancam gawangnya, lalu memblok tembakan Carl Tuku Ekambi dari jarak dekat.

Mengantri:

Cameron: Fabrice Ondoa, Jean-Charles Castelletto, Christopher Woh, H. Mokodi, Darlene Yongwa, Olivier Netcham, Olivier Kamen, Zambo Anguisa, Frank Magri, Carl Toko Ekambi, Georges Kevin Nkudu

Pelatih: Lagu Rigobert

Guinea: Ibrahima Kone, Antoine Conte, Julien Janvier, M Diakhabi, Sekou Silla, Ilix Moriba, Mori Konete, Morgan Guillaugi, Agibo Camara, Francois Kamano, Mohamed Bayou.

Pelatih: Kaba Devara

Pemain berusia 20 tahun membawa Senegal meraih kemenangan di laga pertama Piala Afrika 2024.
Nigeria ditahan imbang 1-1 melawan Equatorial Guinea di laga pembuka
Pantai Gading membuka Piala Afrika dengan mengalahkan Guinea-Bissau 2-0.

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024