Gubernur Riau: Lebih dari 2.000 personel amankan Tour du Siak

Misalnya, kasus yang terjadi di sekitar Lubuk Dalam dan Kerinci Kanan ditangani di Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

Pekanbaru, (Antara) – Gubernur Riau Siamsor mengatakan lebih dari 2.000 personel Polri dan instansi lainnya akan membantu pengamanan event bersepeda “Tour de Siak” pada 1-4 Desember yang akan melewati tiga kabupaten/kota setempat.

Polda Riau telah menyiapkan lebih dari 2000 personel. unit dan lainnya,” kata Siamsur di Pekanbaru, Selasa.

Menurutnya, semua daerah yang dilalui pentas, yakni Siak, Palawan, dan Kota Pekanbaru turut berperan dalam penyelenggaraan wisata Siak ke-8. Selain itu, dari aspek kesehatan, jika terjadi kecelakaan sudah diatur mekanisme penanganannya.

Lima Tim Asing Akan Berpartisipasi di Tour de Siac 2022

Tour de Siak tahun ini berbeda dengan tour sebelumnya karena rutenya tidak hanya di Siak. Leg pertama “Lomba Kota Siak” ini mengelilingi kota Siak Sri Indrapura selama lima lap dengan jarak tempuh 85 km dimulai dari Istana Siak.

Tahap kedua akan melewati Siak menuju Pekanbaru sejauh 130 km melalui wilayah Palawan. Rutenya adalah Siak, Dayon, Km 11, Lubuk Dalam, Krinchi Kanan, Simpang Prak, Jalan Lintas Timor Sumatera di Pellawan, Harapan Raya Pekanbaru dan berakhir di Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman.

“Misalnya ada kejadian di sekitar Lubuk Dalam dan Kerinci Kanan, ditangani di Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Kalau sudah lewat sana, ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru,” ujarnya.

Terakhir, etape ketiga menggelar balapan di kota Pekanbaru dengan panjang 120 km selama tiga putaran. Mulai dari Kantor Gubernur Riau, Jembatan Siak IV, Rombay, Jalan Pope, Simpang Bingong, Jalan Riau Ojong, Sukarno-Hatta, Arifin Achmed dan Sudirman.

Gubernur juga mengatakan, jalan yang dilalui pengendara masih perlu diperbaiki. Semua ini sedang ditinjau setiap hari mulai sekarang dan diharapkan akan selesai pada akhir bulan ini.

“Penting juga penonton harus dipinggir jalan, karena ini balapan tentunya cepat, jadi tidak mengganggu saat melewati garis finis. Anak-anak juga tidak boleh, kalau ada, lebih baik waspada, berhati-hatilah agar anak-anak datang ke jalan dan hal-hal yang tidak terduga terjadi.”

Rute “Tour de Siac” akan diperpanjang hingga Pekanbaru pada 2022
Riau Persiapkan Tour de Siac yang akan digelar November mendatang

Koresponden: Bayu Agustari Adha
Editor: Fitri Suprativi
Hak Cipta © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.