Gubernur mendorong pelabuhan swasta Bengkulu Utara menjadi pelabuhan umum

Bagaimana memastikan Pelabuhan Injatama di Bengkulu Utara menjadi pelabuhan niaga karena saat ini menjadi pelabuhan swasta

Bengkulu (JurnalPagi) – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mendorong pelabuhan-pelabuhan swasta di Kabupaten Bengkulu bagian utara untuk dikelola menjadi pelabuhan umum atau komersial sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan daerah dan perekonomian Bengkulu ke depan.

“Bagaimana kita bisa memastikan Pelabuhan Anjatama di Benggala Utara menjadi pelabuhan niaga, karena saat ini menjadi pelabuhan swasta,” kata Rohidin Mursiah, Gubernur Bangkulu di Bangkulu, Kamis (4/1).

Menurutnya, ketika pelabuhan ini bisa beralih fungsi menjadi pelabuhan niaga, maka berbagai kegiatan distribusi barang dari dan ke utara Bangkulu serta barang ekspor akan lebih efisien.

Dikatakannya, jika pelabuhan ini bisa dijadikan pelabuhan niaga, ke depan bisa diambil kebijakan agar seluruh hasil pertambangan batu bara di wilayah Bengkulu Utara dan sekitarnya bisa diekspor dari pelabuhan ini.

Menurut Ruhidin, otomatis biaya distribusi batu bara yang akan diekspor menjadi lebih murah karena langsung disalurkan melalui tol laut di sebelah barat Pulau Sumatera. Pelabuhan Injatama juga terletak pada jalur laut.

Nantinya kita akan membuat peraturan untuk tidak keluar dari pintu pelabuhan Teluk Pulao, sehingga apa yang selama ini dikeluhkan masyarakat, kerusakan jalan dan kemacetan dari Bangkulu Utara dan Kota Bangkulu juga bisa teratasi. Dia berkata.

Oleh karena itu, menurut Gubernur Ruhidin Mursiah, pemerintah daerah memerlukan dukungan semua pihak untuk mewujudkan berbagai program pembangunan, mempercepat perekonomian, dan meningkatkan kualitas sumber daya daerah. Termasuk mendorong pelabuhan swasta untuk dijadikan pelabuhan umum.

Koresponden: Boyke Lady Vatra
Editor: Indra Gultom
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *