Google meluncurkan Gemini, chatbot AI untuk menggantikan Bard

Jakarta (JurnalPagi) – Google mengganti nama platform chatbot kecerdasan buatan (AI) Bard menjadi Gemini, menjadi rangkaian model AI tercanggih milik perusahaan.

“Misi kami dengan Bard selalu memberikan akses langsung ke model AI kami, dan Gemini mewakili keluarga model kami yang paling canggih. Untuk mencerminkan hal ini, Bard Sekarang dikenal sebagai Gemini.” Asisten Google Sissie Hsiao dalam postingan blog Google, Kamis (8/2).

Gemini menawarkan pengguna kemampuan untuk berinteraksi dengan model Pro 1.0 dalam lebih dari 40 bahasa di lebih dari 230 negara.

Google memperkenalkan dua fitur baru, Gemini Advanced dan Gemini untuk seluler, yang menjanjikan peningkatan kolaborasi dengan kemampuan kecerdasan buatan terbaik Google.

Google Bard AI Chatbot Hadir di Google Message

Google memperkenalkan Gemini Advanced, sebuah pengalaman baru yang memberi pengguna akses ke Ultra 1.0, model kecerdasan buatan terbesar dan tercanggih milik perusahaan.

Dalam evaluasi buta, Gemini Advanced dengan Ultra 1.0 muncul sebagai chatbot pilihan, model ini unggul dalam tugas-tugas kompleks.

Dengan model Ultra 1.0, Gemini Advanced diklaim lebih mampu melakukan tugas-tugas yang sangat kompleks seperti coding, penalaran logis, mengikuti instruksi kompleks dan berkolaborasi dalam proyek kreatif.

Gemini Advanced tidak hanya memungkinkan pengguna melakukan percakapan yang lebih panjang dan detail, tetapi juga lebih memahami konteks permintaan sebelumnya.

Gemini Advanced bertindak sebagai tutor, membuat petunjuk langkah demi langkah dan diskusi interaktif yang disesuaikan dengan gaya belajar pengguna.

Fitur ini juga diklaim unggul dalam skenario pengkodean tingkat lanjut dan mendukung ide dan evaluasi pendekatan pengkodean yang berbeda. Selain itu, pembuat konten digital mendapat manfaat dari kemampuannya dalam pembuatan konten, analisis tren, dan strategi pertumbuhan pemirsa.

Gemini Advanced tersedia di lebih dari 150 negara dan wilayah dalam bahasa Inggris, dan akan diperluas ke lebih banyak bahasa seiring berjalannya waktu.

Ini adalah bagian dari paket Google One AI Premium baru dengan harga US$19,99 (Rs 312.000) per bulan, yang dimulai dengan uji coba gratis selama dua bulan.

Pelanggan mendapatkan akses ke kemampuan multimoda yang diperluas, fitur pengkodean interaktif, dan analisis data yang lebih mendalam. Pelanggan AI Premium juga akan segera dapat menggunakan Gemini di Gmail, Dokumen, Slide, Spreadsheet, dan lainnya.

Selain itu, Google mengumumkan bahwa Gemini juga akan mudah digunakan di smartphone.

Amazon Luncurkan ‘Rufus’, Asisten Belanja AI di Aplikasi Seluler

Hsiao berkata, “Kami mendengar bahwa Anda menginginkan cara yang lebih mudah untuk mengakses Gemini di ponsel Anda. Jadi hari ini kami mulai memberikan pengalaman seluler baru untuk Gemini dan Gemini Advanced dengan aplikasi baru di Android dan aplikasi Google di iOS.”

Dengan Gemini di ponsel, pengguna dapat mengetik, berbicara, atau menambahkan gambar untuk melakukan berbagai tugas, seperti mencari petunjuk arah, membuat gambar khusus, atau menulis pesan teks yang sulit.

Di Android, Gemini adalah asisten jenis baru yang menggunakan kecerdasan buatan generatif untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas.

Jika Anda mengunduh aplikasi Gemini atau mengaktifkannya melalui Asisten Google, pengguna dapat mengaksesnya melalui aplikasi atau di tempat lain di mana pengguna biasanya mengaktifkan Asisten Google, seperti menekan tombol daya, menggesek Pojok di ponsel tertentu, atau mengucapkan “Hai Google. “

Banyak fitur suara Asisten Google akan tersedia melalui aplikasi Gemini, termasuk mengatur timer, melakukan panggilan, dan mengontrol perangkat rumah pintar.

Di iOS, Google akan segera meluncurkan akses ke Gemini langsung dari aplikasi Google.

Gemini diluncurkan ke ponsel Android dan iOS di AS dalam bahasa Inggris dan akan diluncurkan sepenuhnya dalam beberapa minggu ke depan.

Pengguna dapat mengaksesnya di lebih banyak lokasi dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Korea, dengan lebih banyak negara dan bahasa yang akan segera menyusul.

YouTube Menguji YouChat ‘Chatbot’ Untuk Tanya Jawab Tentang Video

Koresponden: Fetor Rochman
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *