Gol Jonathan Tah mengantarkan Bayer Leverkusen ke semifinal Piala Jerman

JAKARTA (JurnalPagi) – Jonathan Tah mencetak gol pada menit ke-90 untuk mengantarkan Bayer Leverkusen ke babak semifinal Piala Jerman.

Leverkusen, pemimpin klasemen Liga Jerman, bangkit dari ketertinggalan dua kali dan akhirnya menang di babak terakhir pertandingan perempat final. Ini ketiga kalinya dalam 5 laga terakhir Leverkusen hanya berhasil meraih satu kemenangan sebelum pertandingan berakhir.

Pelatih Leverkusen Xabi Alonso tak bisa menahan kegembiraannya melihat timnya semakin dekat dengan gelar juara.

“Terkadang kami menang dengan kontrol, struktur, dan stabilitas, namun hari ini kami menang dengan hati, jiwa dan itu juga sangat penting,” kata Alonso, menurut AFP.

Kemenangan ini menambah rasa percaya diri tim Leverkusen jelang pertemuan dengan Bayern Munich yang digelar Sabtu (10/2). Bayern saat ini tertinggal dua poin dari Leverkusen.

Mengingat Leverkusen dan Stuttgart menjadi dua dari tiga tim yang lolos ke babak perempat final Liga Inggris, maka Piala Jerman musim ini memberikan peluang bagus untuk menjuarai piala tersebut. Apalagi pasca tersingkirnya awal Bayern, Borussia Dortmund, dan juara bertahan RB Leipzig.

Stuttgart yang berada di posisi ketiga membutuhkan kemenangan dua pertandingan playoff untuk bertahan di Bundesliga musim lalu. Namun, mereka sebenarnya berhasil unggul lebih dulu.

Waldemar Anton mengalahkan bek tengah Edmond Tapsuba dan menyundul bola dari tendangan sudut untuk membawa tim tamu unggul pada menit ke-11.

Upaya Leverkusen meraih gelar juara mungkin terhambat Piala Afrika.
Leverkusen kesulitan mengatasi permainan menekan Stuttgart. Mereka baru mampu menyamakan kedudukan setelah babak kedua, tepatnya pada menit ke-55 melalui sepakan jarak jauh Robert Andric.

Stuttgart unggul satu gol pada menit ke-58. Permainan menekan mereka membuat tuan rumah melakukan kesalahan, yang dibatasi oleh tembakan melengkung Chris Feuerch.

Alonso yang merasakan potensi kekalahan pertamanya dalam 30 pertandingan musim ini, kemudian memasukkan Amina Adli yang baru saja membela Maroko di Piala Afrika. Adli membalas kepercayaan pelatihnya dengan memanfaatkan assist Florian Wirtz untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-66.

Wirtz kemudian menambah assist lagi pada menit ke-90. Kali ini kepada Tah yang tak terkawal di depan gawang, untuk menjaga asa Leverkusen meraih tiga trofi tetap hidup.

Pada hari Rabu, juara Piala Jerman tiga kali Borussia Mönchengladbach akan bertemu tim divisi dua Saarbrucken. Saarbrucken berstatus tim pembunuh raksasa musim ini dengan mengalahkan Bayern dan Eintracht Frankfurt.

Pemenang pertandingan itu akan bergabung dengan tim divisi dua Fortuna Dusseldorf dan Kaiserslautern di empat besar.

Daftar pemain:

Bayer Leverkusen: Matty Kovar, Edmond Tapsoba, Jonathan Tah, Piero Hinkpel, Jeremy Frimpong, Robert Andrich, Granit Xhaka, Alex Grimaldo, Jonas Hoffman, Florian Wirths, Patrick Schick

Pelatih: Xabi Alonso

VfB Stuttgart: Alexandre Noble, Anthony Rouault, Waldemar Anton, Hiroki Ito, Joscha Wagnoman, Atakan Karazor, Angelo Stiller, M Mittelstadt, Enzo Milot, Chris Furich, Deniz Ondas

Pelatih: Sebastian Hones

Kemenangan Bayern Pertahankan Leverkusen di Puncak Klasemen

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *