Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Kepulauan Mentawai.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami

Jakarta (JurnalPagi) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa dangkal berkekuatan 5,1 skala Richter melanda Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Kamis pukul 09:11 WIB.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Dariono saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, pusat gempa berada di 4.30 LS, 100.41 BT, atau tepatnya di laut 79 kilometer ke arah selatan. Dari Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dan 207 km barat daya Mukomuko, Bengkulu pada kedalaman 10 km.

Ia menjelaskan: Mengingat letak pusat gempa dan kedalaman pusat gempa, maka gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng.

Ditambahkannya: Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme gerakan ke atas (thrust fault).

BMKG: Gempa 6,1 M di Kepulauan Mentawai Diikuti 4 Gempa Susulan

Gempa 5,1 M Terjadi di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

Dikatakannya: Gempa ini dirasakan di Kota Mokomo dengan skala intensitas I-II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan yang digantung bergoyang).

Ia mengatakan: Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 09.30 WIB, Dariono mengatakan hasil pemantauan BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Dia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Ia mengatakan: “Sebelum pulang, periksa bangunan tempat tinggal Anda dan pastikan cukup tahan terhadap gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang dapat membahayakan stabilitas bangunan.”

Gempa M6.2 di Kepulauan Mentawai menyebabkan warga mengungsi

Gempa M 6,1 di Kepulauan Mentawai Akibat Subduksi Lempeng Megathrust.

partikel untuk objek langsung

Koresponden: Zoubi Maherfi
Diedit oleh: Zita Mirina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.