jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) –

Gavi Vaccine Alliance bekerja sama dengan Unilever dan badan amal global The Power of Nutrition dalam kemitraan multi-sektor untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat seputar kesehatan, imunisasi dan nutrisi dalam program keluarga SIGAP.

Kepala Pemasaran Profesional Personal Care Unilever Indonesia drg. Rato Mira Afife mengatakan program tersebut membantu mengurangi risiko penyakit yang dapat dicegah pada satu juta anak di Indonesia.

Dalam sambutannya, Mira mengatakan: “Untuk mencapai tujuan besar tersebut, kami berupaya melakukan perubahan positif dengan fokus pada aspek-aspek penting, yaitu imunisasi penting yang lengkap dan terjadwal, mencuci tangan pakai sabun, memberikan makanan bergizi dan jajanan sehat kepada anak.” perilaku. Pada acara SIGAP Family Program di Jakarta, Rabu.

Pada tahap awal, program keluarga SIGAP akan fokus pada masyarakat di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang telah diidentifikasi oleh pemerintah Indonesia sebagai daerah dengan angka kejadian stunting, diare, dan pneumonia yang tinggi, serta imunisasi. . Cakupan yang belum optimal.

Dalam konteks ini, melalui penelitian formatif, terlihat bahwa kurang dari seperempat orang tua di Indonesia menganggap imunisasi dan cuci tangan pakai sabun sebagai perilaku penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak di usia dini.

“Tantangan terbesar adalah kurangnya pengetahuan yang menjadi hambatan utama, buruknya kemampuan negosiasi orang tua untuk mendapatkan vaksin, dan kurangnya dukungan sosial yang menekankan pada tidak mengimunisasi anak mereka,” kata Ardi Prastov, ketua tim program keluarga SIGAP.

Program ini juga melakukan survei yang menemukan hanya 27 persen orang tua yang memiliki anak di bawah usia dua tahun melaporkan bahwa anaknya telah divaksinasi, dan hanya 17 persen yang menyadari pentingnya mencuci tangan pakai sabun pada acara-acara penting.

Selain menyasar pentingnya imunisasi lengkap, cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan pemberian makanan bergizi, program keluarga SIGAP juga fokus pada pentingnya peran ayah dalam mengasuh anak untuk mencapai tujuan kesejahteraan anak di masa depan.

Erdi mengatakan, adanya pemerataan partisipasi dalam membesarkan anak, peningkatan komunikasi, peningkatan peran ayah dengan tidak menunda ibu untuk melakukan vaksinasi pada anaknya.

SIGAP juga melakukan program penjangkauan dan penyadaran bagi staf dan pekerja kesehatan, serta melatih petugas kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan anak bekerja sama dengan pusat kesehatan masyarakat.

Selain itu, menjalin komunikasi interpersonal dengan menggunakan media digital, mengunjungi staf di rumah, menggunakan media pedesaan untuk mengedukasi para ayah dan memperkuat mobilisasi untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Program ini melengkapi upaya promosi kesehatan pemerintah Indonesia dengan menggunakan pesan yang tepat dan pendekatan multi-saluran untuk mencapai cakupan maksimal dan mendorong partisipasi masyarakat.

“Bersama Kementerian Kesehatan, Gavi, Power of Nutrition, dan Unilever, kami berkomitmen untuk memastikan anak-anak Indonesia pada usia dini mendapatkan layanan kesehatan, gizi, dan kebersihan yang optimal sesuai kebutuhannya,” tutup Mira.

Wakil Menteri Kesehatan RI Tekankan Pentingnya Buku Kesehatan Ibu dan Anak

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024