jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Timnas Indonesia mengawali petualangannya di Piala Asia AFC 2023 dengan mengalahkan Irak 3-1.

Pada laga yang digelar Senin malam waktu Qatar di Stadion Ahmed Bin Ali, Al Rayyan ini, tim Garuda menunjukkan peningkatan positif dibandingkan laga terakhir melawan Irak pada kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November lalu.

Tim besutan pelatih Shin Tae-yung tampil cukup efektif dengan memanfaatkan serangan balik melalui dua sayap. Dampaknya jauh lebih besar dibandingkan pertemuan kedua tim pada November lalu.

Dibandingkan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia hanya menciptakan dua peluang yang bisa dikonversi menjadi gol, sedangkan pada laga kemarin tim Garuda mencatatkan 8 peluang yang bisa dikonversi menjadi gol.

Namun Shin Tae-yung masih belum bisa menjembatani kesenjangan besar yang selama ini menjadi PR-nya, yaitu transisi menyerang ke bertahan yang kerap menciptakan pergerakan yang menguntungkan lawan. Setidaknya Irak memperoleh momentum, dua di antaranya berubah menjadi gol.

Laga Pertama Piala Asia 2023 di Qatar, Indonesia Kalah dari Irak dengan Skor 1-3.

pertarungan fisik

Dengan posisinya sebagai tim dengan rata-rata usia terendah (24,33 tahun) di Piala Asia AFC 2023, Indonesia tak perlu takut menghadapi Singa Mesopotamia. Dengan bermain dengan formasi 3-4-3, Indonesia mampu meredam serangan Iran yang kerap memainkan bola. Langsung Langsung ke garis depan

Di babak pertama, Irak melepaskan 8 tembakan, 4 di antaranya mengarah ke gawang. Dua gol yang dicetak Hernando Ari juga karena banyaknya kesalahan pertahanan Indonesia sendiri, bukan karena rencana serangan Irak.

Gol pertama Irak diawali dari kegagalan gelandang Justin Habner mencegat bola, yang berujung pada penyerang Mohammad Ali. Dengan mendapat celah di sepertiga lapangan, Muhammad Ali mampu memperdaya Elkan Bagot yang terlambat melakukan tekanan. Ali menghadapi Hernando satu lawan satu, dan tidak kesulitan menaklukkannya dan memberi Irak keunggulan pada menit ke-17.

Pada menit ke-37, tim Garuda mampu membalas Irak dengan rencana serangan balik di sisi kanan. Melewati pertahanan Irak, Jacob Sayori mengirimkan umpan silang ke kiri di mana Marcelino Ferdinan bebas dan hanya tinggal menepisnya. Bola menuju gawang yang kosong

Marcelino Jadi Pencetak Gol Muda Keempat Piala Asia Sejak Abad 21.

Irak Waspadai Perkembangan Indonesia di Piala Asia

Berikutnya: Dalam perpanjangan waktu

Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024