Ganjar senang dengan pertemuan Presiden Jokowi dengan Sultan HB

Mereka biasanya datang sebagai raja karena kapasitas Negrasu Dilam sebagai sesepuh yang tentunya memiliki hikmah untuk disampaikan.

Kulun Perugu (JurnalPagi) – Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranu sangat senang Presiden RI Joko Widodo menjenguk Sri Sultan HB X di Istana Ngayogyokarto Hadiningrat, Minggu pagi.

Ganjar Pranowo di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, mengatakan banyak orang berpengaruh, bahkan dari berbagai negara, khususnya di Indonesia, yang kerap berkunjung ke Negrasu Dalam Sri Sultan H.

Biasanya mereka datang karena kapasitas Negresu Dilam sebagai sesepuh, sebagai raja, yang tentunya punya hikmah untuk disampaikan, kata Ganjar usai kampanye nasional di Wits Square.

Ia mengatakan, sebagai peserta pemilu 2024, dirinya merupakan orang pertama yang bertemu dengan Negrasu Delam. Jadi percakapannya memakan waktu cukup lama.

Presiden Jokowi Bertemu dengan Sultan HB

Anis Minta Restu Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta

“Kami berdebat panjang dan keras tentang stabilitas bangsa, dan bagaimana kita bisa menjaga Konstitusi, bagaimana kita bisa menjaga reformasi,” ujarnya.

Ganjar mengatakan Sri Sultan HBX adalah tokoh reformis yang berhasil mengumpulkan sejuta umat dan setelah itu orde baru runtuh.

Ia menyatakan harapannya: “Kami akan belajar dengan baik sehingga ketika kami bertemu Negarasu Delam, kami akan mengingat reformasi tersebut.”

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo bertemu dengan Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buono X di Keraton Kilen, Yogyakarta, Minggu.

Menggunakan mobil Alpard berwarna hitam, Presiden Jokowi tiba di kawasan Istana Killen sekitar pukul 10.25 WIB.

Setelah lebih dari satu jam melakukan pertemuan pribadi dengan Sultan, Presiden hanya tersenyum dan menyapa awak media dengan tangannya saat mobil keluar dari tempat itu.

Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Kridhomardowo Keraton Yogyakarta Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro mengatakan kunjungan Presiden ke kediaman Sultan merupakan silaturahmi biasa saja.

“Kalau ke Yogyakarta biasa saja, dan biasanya ada waktu bertemu Negrasa Dalam (Sultan HB X),” kata Notungguru usai pertemuan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan bakal calon Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anis Basuedan-Mohaimin Iskandar Nomor Urut 1, Prabowo Subianto Gibran Rakaboming Raka Nomor Urut 2, dan Ganjar Pranuo- Mahfud MD. . Nomor seri 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Koresponden: Sutermi
Diedit oleh: Chandra Hamdani Noor
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *