Ganjar-Mahfoud tak akan menaikkan pajak jika terpilih pada Pilpres 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfoud MD mengatakan dirinya dan calon presiden Gunjar Pranu tidak akan menaikkan pajak untuk menghilangkan utang jika terpilih memenangkan Pilpres 2024.

Prof Mahfoud mengatakan pada upacara konsekrasi: “Kalau mereka bertanya kepada saya apakah saya akan menghapuskan hutang ini, pemerintah Ganjar dan Mahfoud ingin menaikkan pajak? Tidak, karena pajak membebani rakyat. Sekarang peraturan perpajakan sudah bagus.” Di Pos Bloc, Jakarta, Rabu (7/2).

Mahfoud menyebutkan dua hal yang akan dilakukan pemerintahannya ke depan terkait dengan departemen pajak.

“Hentikan korupsi pajak, itu salah satunya. Kedua, tingkatkan Rasio pajak (rasio pajak). Rasio pajak “Itu kemampuan pemerintah memungut pajak dari masyarakat yang wajib membayar pajak, tapi sampai saat ini belum cost-efektif,” jelasnya.

Mehfoud melanjutkan, saat ini tarif pajak di Indonesia sebesar 10,5% dan telah menutupi 82% kebutuhan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Oleh karena itu, menurutnya, tarif pajak perlu ditingkatkan.

TPN Ganjar-Mahfud Himbau Mangkunegara X Kampanye di Surakarta

“Sekarang Rasio pajak Kemampuan kita memungut pajak hanya 10,5%. Ini juga mencakup 82% APBN yang ditanggung oleh pajak. Mereka menginginkan sisanya dari orang lain. Tentang pajak kita Rasio pajakBandingkan dengan Malaysia, Thailand yang mencapai 14-15%. Lalu seluruh APBN kita ditutup sebenarnya, bisa ditutup seluruhnya melalui perpajakan. Bahkan, bisa jadi lebih banyak lagi.”

Oleh karena itu, lanjut Mahfoud, pengendalian permasalahan pajak nasional penting bagi pasangan nomor 3 ini.

Mehfoud mengatakan: Saat ini sangat penting untuk mengendalikan masalah pajak nasional, seperti dulu (draft) undang-undang tentang konsultan pajak dan lain-lain, kita harus memperhatikannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan nama ketiga peserta Pilpres 2024 yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 2. nomor 3 telah selesai.

Masa kampanye 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, akan ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara akan dilaksanakan serentak pada 14 Februari 2024.

Ganjar-Mahfoud Ajukan RUU Konsultan Pajak ke Program Legislatif Nasional.

Koresponden: Rio Faisal

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *