Gamis laris manis di kalangan pembeli di Tane Abang menjelang Ramadhan

Jakarta (JurnalPagi) – Akibat libur panjang dan semakin dekatnya Ramadhan 1445 H, pembeli yang berjualan di Pusat Grosir Tanah Abang laris pada Sabtu.

Mfarifan Suriandika, salah satu penjaga toko di Bazar Dazik, Tanah Abang, mengatakan, di tokonya yang terletak di Blok B, ada sekitar 50 hingga 100 barang gami.

“Kalau anak laki-laki atau perempuan, ada gamis yang mereka jual. Sehari bisa terjual 50 sampai 100 potong,” kata Dika kepada JurnalPagi di Jakarta, Sabtu.

Inspirasi Produk Lokal dengan Gaya Berbeda Agar Bukber Tetap Fashionable.

Rekomendasi Pakaian Nyaman untuk Anak di Bulan Ramadhan

Berdasarkan laporan Dika, penjualan baju Gamis meningkat lima hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa dan bukan hari libur, apalagi menjelang bulan Ramadhan.

“Biasanya 10 buah, tapi kadang malah tidak 10. Soalnya kan hari libur dan dekat bulan puasa ya? Jadi banyak yang datang,” kata Dika.

Toko di Pusat Grosir Tana Abang buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:30 WIB. Namun, calon pembeli disarankan untuk datang lebih awal karena seiring berlalunya waktu, tempat ini akan dipenuhi pengunjung yang mencari tekstil dan bahan makanan ‘harga grosir’.

Ramadhan memang menjadi berkah bagi para pedagang, meski biasanya sehari mereka mendapat penghasilan $2 juta, Dika optimis omzetnya bulan ini bisa mencapai $20 juta sehari jika jumlah pengunjung meningkat, seperti Sabtu sore.

Namun keuntungan yang didapat pastinya tergantung dari jenis, bahan dan model baju yang dijual.

“Kalau harga tidak naik sekarang, omzetnya bisa Rp 20 juta. Biasanya Rp 2 juta atau Rp 3 juta, kadang 1 juta riyal,” kata Dikka.

Kemeja katun India menjadi bahan yang paling digemari pria karena desainnya yang elegan untuk tampilan yang nyaman sepanjang hari, sedangkan model Shimmer cocok untuk wanita karena kilaunya dan juga lebih terjangkau dibandingkan organza.

Umumnya menjelang Ramadhan, calon pembeli wanita juga mengincar “blus” yang menutupi paha karena lebih ramah terhadap mereka yang berhijab (hijab-fasand).

Diakui Shirley, salah satu pedagang di Ayesha Store, kisaran panjang blus yang ramah hijab adalah sekitar 75 hingga 80 cm untuk atasan dan 90 cm untuk model tunik.

Padahal harga baju muslim pria dan wanita di Abang berkisar antara 105 ribu hingga 495 ribu toman. Ada diskon jika membeli dalam jumlah banyak.

Pemerintah Izinkan Retailer Jual Baju Bekas Impor Selama Ramadhan

Tips rukun dengan anak di bulan Ramadhan

Koresponden: Abdo Faisal
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *