jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pelatih Luis de la Fuente mengakui timnas Spanyol kini lebih punya pilihan taktis sehingga tidak selalu menggunakan strategi penguasaan bola.Penguasaan bola) seperti masa kepelatihan Luis Enrique.

Menurut statistik UEFA, dalam pertandingan antara Spanyol dan Kroasia, Luka Modric cs memiliki penguasaan bola 54% lebih banyak dibandingkan Spanyol yang 46%. Kroasia juga mengirimkan lebih banyak melewati hingga 467, sedangkan La Roja hanya 392 kali.

Namun Spanyol yang bermain lebih cepat dari Kroasia berhasil menang 3-0 lewat gol Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal.

Melansir AFP, Minggu WIB, de la Fuente mengatakan: “Kami mengubah tim nasional ini menjadi tim yang punya banyak pilihan.”

“Lawan kami tahu kami bisa melukai mereka dengan penguasaan bola atau serangan posisi, atau kami bisa melakukan serangan balik dengan sangat cepat,” katanya.

“Kami menekan dengan sangat baik, merebut bola di area pertahanan lawan, memiliki fleksibilitas dan opsi taktis yang berbeda,” kata de la Fuente.

Spanyol mengalahkan Kroasia 3-0

Fuente menjelaskan, perubahan taktik tersebut didukung dengan hadirnya beberapa pemain yang memiliki kecepatan di atas rata-rata.

“Itu karena kami memiliki pemain dengan kekuatan berbeda,” kata mantan pelatih Athletic Bilbao itu.

Di sisi lain, Dela Fuente mengimbau para pemainnya untuk tidak berpuas diri setelah menang 3-0 atas Kroasia.

“Para pemain tahu bahwa negara akan sangat bahagia, kami sadar akan hal itu dan euforianya,” ujarnya.

Bek Madrid Dani Carvajal yang mencetak gol ke gawang Kroasia pun meminta rekan satu timnya untuk meningkatkan performa di laga berikutnya.

“Memang benar bahwa kami semua percaya satu sama lain, namun jika kami ingin melangkah jauh, kami kehilangan lebih banyak peluang daripada yang seharusnya,” kata Carvajal.

Spanyol tergabung di Grup B bersama Kroasia, Albania, dan Italia.

Italia mengalahkan Albania dengan hasil 2-1

Koresponden: Alvansia Pesaribo
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024